Apa itu Campaign dan Manfaatnya bagi Bisnis?

Apa itu campaign atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan kampanye? Istilah ini ternyata dipakai juga dalam dunia pemasaran, lho.

Sebagai pebisnis, Anda tentu mau produk dan merek dagang Anda dikenal banyak orang. Hanya saja masalahnya, orang tidak akan mengenal begitu saja hanya dengan mendirikan perusahaan.

Anda perlu melakukan kampanye promosi agar produkmu dikenal. Dengan demikian, akan berpengaruh juga terhadap penjualan. Mari kita kupas secara mendalam tentang apa itu campaign.

Apa Itu Campaign?

Campaign adalah kegiatan pemasaran yang mempromosikan produk atau jasa melalui berbagai jenis media, seperti televisi, radio, media cetak, hingga platform online. Aktivitas ini tidak hanya melibatkan periklanan.

Dilansir dari Indeed, sebuah kampanye komponen penting dalam pertumbuhaan sebuah perusahaan. Komponen ini dapat membantu meningkatkan brand awareness. Bahkan, membawa para pelanggan baru dan juga meningkatkan penjualan sebuah produk atau jasa.

Selain pemasangan iklan, aktivitas pemasaran ini meliputi demonstrasi, konferensi video, dan teknik interaktif lainnya. Serangkaian kegiatan tersebut ini memiliki tujuan atau target tertentu.

Tujuannya pun bisa beragam. Mulai dari membangun citra atau brand awareness, memperkenalkan produk baru, meningkatkan produk yang sudah ada di pasar, atau mengurangi dampak berita negatif. Dari ragam tujuan ini, ujungnya adalah peningkatan profit.

Ketika menentukan tujuan sebuah kampanye promosi, biasanya mempertimbangkan terlebih dahulu seberapa banyak pemarasan yang dibutuhkan.

Selain itu, memilih media apa yang paling efektif untuk menjangkau segmen pasar yang dituju.

Manfaat Campaign

Sesuai dengan tujuan campaign untuk memenuhi target profit, tentu mencapai tingkat profit tertentu juga menjadi manfaat kegiatan ini.

Namun lebih dari itu, kampanye punya banyak manfaat dari segi lainnya, terlepas dari urusan profit. Manfaat tersebut mungkin tidak langsung tertera dalam bentuk angka pada metrik pengukuran.

Misalnya, produk atau merek dagang jadi lebih dikenal orang. Jika campaign sangat berhasil, merek atau produk yang dikampanyekan menjadi top of mind konsumen.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa didapat dari melakukan campaign:

1. Membuat Merek Lebih Dikenal

Melalui platform dan format apa pum campaign dilakukan, tentunya akan membantu merek jadi lebih dikenal.

Visibilitas merek dagang jadi meningkat, terlepas produk jadi dibeli atau tidak.

Untuk meningkatkan peluang terjadinya transaksi, ada pentingnya untuk jauh lebih terlibat dengan konsumen.

Misalnya, berkomunikasi langsung dengan konsumen melalui media sosial. Menciptakan jajaran konsumen loyal, sangat berpengaruh terhadap penjualan dalam jangka panjang.

2. Meluncurkan Produk Baru

Campaign sangat bermanfaat ketika Anda hendak meluncurkan produk baru. Apa jadinya produk baru Anda tanpa adanya pengenalan ke konsumen terlebih dahulu?

Tentunya, penjualan terhambat karena tidak banyak orang yang tahu bahwa Anda punya produk baru.

Melakukan pemasaran produk baru juga memerlukan riset terhadap demografi target pasar. Dari situ, mengerucut ke pilihan media atau platform untuk menempatkan campaign.

3. Menarik Pelanggan

Campaign iklan pada umumnya mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa produk atau layanan yang ditawarkan melampaui kualitas pesaing.

Jenis campaign seperti ini butuh dilakukan dalam jangka panjang, hingga akhirnya merek dipercaya oleh konsumen.

Jika berhasil, konsumen pun dapat menjadi pelanggan tetap. Hal ini juga tergantung pada kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !