5 Fungsi Google My Business

Selain membantu Anda untuk memperoleh berbagai informasi melalui mesin pencari, Google juga dapat membantu dalam berbisnis. Salah satunya dengan fitur Google My Business.

Google merupakan situs web yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat di seluruh dunia. Hingga saat ini, Google telah memegang lebih dari 92% pangsa pasar mesin pencari. Dengan fitur Google My Business, Anda pun bisa menarik pelanggan baru. My Business merupakan alat yang disediakan Google untuk menyediakan informasi bisnis bagi pelanggan.

Google My Business bisa menyediakan berbagai informasi bisnis Anda, mulai dari nama bisnis, alamat atau lokasi usaha, alamat email, waktu operasional, nomor telepon, foto perusahaan, website, hingga review pelanggan.

Dengan membuat profil bisnis gratis di Google My Business, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru. Selain itu, ada berbagai manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari tools Google yang satu ini, apa saja? Simak selengkapnya

1. Meningkatkan Visibilitas

Fungsi Google My Business yang pertama adalah bisa meningkatkan visibilitas bisnis Anda di internet, terutama di seluruh layanan Google. Jadi, profil bisnis Anda bisa muncul pada penelusuran Google, Google Maps, hingga Google Shopping.

Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda, karena bisnismu akan lebih banyak dilihat orang di internet. Mereka pun bisa saja tertarik dan melakukan transaksi bisnis di toko milik Anda.

Melansir laman HootSuite, Google My Business akan lebih baik digunakan untuk toko fisik (offline store). Jika Anda memiliki toko online, bisa memanfaatkan tools Google lain, seperti Google Ads dan Google Analytics.

2. Mempromosikan Bisnis

Fungsi Google My Business selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai tempat promosi bisnis secara gratis. Dengan membuat profil bisnis di Google My Business, Anda pun bisa memberitahu lebih banyak orang tentang keberadaan perusahaan dan informasi lain terkait bisnis.

Dalam hal ini, promosi yang dilakukan terutama pada layanan Google lain, seperti Google Maps. Menurut data, ada lebih dari 1 miliar populasi di seluruh dunia yang menggunakan layanan Google Maps. Nah, dengan Google My Business, bisnis Anda pun berkesempatan untuk dipromosikan oleh aplikasi pemetaan digital yang populer ini.

Tak hanya secara lokal, Google My Business bisa mempromosikan toko fisik secara global. Para pelanggan pun akan lebih mudah dalam menenemukan lokasi bisnis Anda.

3. Mendapatkan Pelanggan

Dengan berbagai keuntungan yang didapatkan dari Google My Business tersebut, Anda pun berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan di toko. Terlebih lagi lokasi toko Anda bisa dengan mudah ditemukan melalui layanan Google Maps. Jadi, siapa pun bisa menemukan toko fisik milikmu dengan cepat dan mudah.

Selain meningkatkan penjualan, Google My Business bisa menciptakan kredibilitas bisnis yang positif. Dengan informasi bisnis yang jelas, pelanggan pun akan lebih percaya dan yakin untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.

4. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencari

Fungsi Google My Business berikutnya adalah dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari. Karena seperti yang kamu ketahui, Google merupakan salah satu mesin pencari yang populer di dunia. Dengan memanfaatkan fiturnya, Google akan membantu bisnis kamu lebih mudah untuk ditemukan ketika pelanggan mencarinya di internet.

Selain itu, membuat profil Google My Business juga dapat meningkatkan SEO lokal. Pasalnya, secara khusus, cantuman untuk bisnis lokal lebih mungkin muncul saat orang menelusuri bisnis terdekat menggunakan Google Maps mereka. Jadi, selain meningkatkan penjualan di toko fisik, SEO juga bisa mendatangkan traffic di website toko online kamu.

5. Memperoleh Review Pelanggan

Fungsi Google My Business lainnya yang menguntungkan ialah kamu bisa mendapatkan ulasan dari pelanggan. Google My Business menyediakan fitur review, sehingga pelanggan yang berkunjung ke toko fisikmu bisa memberikan pendapatnya secara jujur.

Ulasan pelanggan yang positif tentu saja bisa menguntungkan bagi bisnismu, sehingga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis dan mendatangkan pelanggan baru. Kamu juga bisa melakukan interaksi dengan pelanggan melalui fitur review tersebut. Dengan begitu, ulasan pelanggan dapat meningkatkan brand awareness bisnis kamu.

 

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍