Manfaat Katalog bagi Bisnis

Apa itu catalog atau katalog? Secara umum, ini merupakan sebuah daftar, baik dalam bentuk kartu atau buku yang berisi deskripsi produk. Daftar ini memuat nama benda atau informasi tertentu yang ingin disampaikan. Informasi tersebut disusun secara berurutan, teratur, dan alfabetis.

Katalog digunakan untuk berbagai macam tujuan. Mulai dari memudahkan orang dalam mencari buku di perpustakaan, memuat daftar produk, hingga digunakan sebagai istilah direktori informasi database dalam dunia komputer.

Dalam dunia bisnis, katalog berfungsi untuk memuat daftar produk. Terutama bagi perusahaan yang menawarkan lebih dari satu produk ataupun jasa. Katalog sering kali juga menjadi alat promosi. Anda pasti sering menemukan lembaran seperti tabloid di toserba yang menawarkan sejumlah produk sedang diskon. Itulah contoh catalog paling sederhana.

Manfaat Katalog

Setelah mengetahui apa itu katalog, kita sudah mendapat gambaran mengenai fungsinya bagi sejumlah pihak terkait dalam bisnis. Hal ini menunjukkan pula bahwa catalog produk memiliki sejumlah manfaat dalam bisnis.

Apa saja manfaat tersebut? Berikut daftarnya:

1. Untuk Mendapatkan Informasi

Ini merupakan manfaat utama dari sebuah catalog. Informasi teknis seputar fitur produk, dimensi, warna, hingga harga, tidak mungkin untuk diingat, apalagi jika varian produknya banyak.

Merekam semua informasi ini ke dalam format yang mudah dibaca, baik secara fisik maupun online, dapat membantu pengguna mengetahui semua produk secara terperinci.

2. Meminimalisasi Pertanyaan Pelanggan

Jika pelanggan diberikan katalog produk dengan informasi yang sangat lengkap, tentunya akan meminimalkan diskusi mengenai produk. Tidak hanya deskripsi dan harga, tetapi catalog juga dapat menjelaskan cara pakai produk dan informasi mendetail lainnya.

Bayangkan jika tanpa catalog, Anda harus bolak-balik menjawab pertanyaan pelanggan yang itu-itu saja. Hal ini tentu akan menghabiskan waktu dan tidak bisa fokus pada proses bisnis lainnya.

3. Meningkatkan Branding

Katalog produk merupakan instrumen yang berguna untuk mempromosikan merek perusahaan. Anda dapat memainkan desain katalog, sehingga eye-catching dan menarik minat calon pelanggan.

Selain membuat daftar produk, Anda bisa mencantumkan pula sejarah bisnis untuk menjalin ikatan emosional dengan pelanggan. Para pelanggan pun bisa dengan mudah mengingat merek setelah menelusuri catalog produk.

4. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Hal ini jika Anda menyediakan katalog produk dalam berbagai bentuk. Mulai dari yang paling konvensional, yakni bentuk cetak, hingga PDF atau laman web. Jika semua informasi konsisten di berbagai kategori produk yang berbeda, hal itu dapat berpengaruh secara positif terhadap keputusan pembelian.

Dalam membuat Katalog, Anda perlu mengantisipasi kebutuhan pembeli dan membuat yang sesuai dengan pelanggan ketimbang menyajikan informasi umum.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍