Gimmick Marketing, Teknik Pemasaran Agar Viral

Gimmick marketing adalah teknik pemasaran yang bertujuan menarik perhatian khalayak.

Dalam takaran yang lebih besar, gimmick marketing dapat menciptakan sensasi.

Jika dilakukan secara berlebihan, gimmick marketing malah dapat merusak citra merek dagang Anda. Maka dari itu, teknik pemasaran ini harus dilakukan dengan saksama.

Gimmick marketing bisa menjadi alternatif ketimbang melakukan teknik pemasaran konvensional yang cenderung membutuhkan biaya besar.

Biaya tersebut mencakup pemasangan iklan, siaran pers, pemasangan advertorial, dan sebagainya.

Apa itu gimmick marketing dan bagaimana cara penerapannya? Berikut pembahasan lengkapnya!

Definisi Gimmick Marketing

Gimmick marketing adalah trik yang dirancang untuk menarik perhatian dan menciptakan minat pada produk, layanan, atau perusahaan.

Konsep utama gimmick ialah sengaja melakukan sesuatu, tetapi harus tetap tampak natural. Dengan kata lain, harus ada skenario di balik semua gimmick.

Pada bidang marketing dan sales, gimmick selangkah lebih jauh di luar batas teknik pemasaran pada umumnya, seperti iklan radio atau cetak.

Gimmick dalam marketing yang berhasil akan membuat bisnis Anda mendapatkan publisitas dan tersebar luas.

Bisnis Anda bisa saja muncul di media massa karena dianggap unik atau menarik. Anda pun tak harus mengeluarkan biaya untuk promosi dan pemasangan iklan.

Bagi usaha kecil, gimmick marketing adalah peluang untuk mendapat keuntungan tambahan.

Hal ini karena gimmick dalam marketing lebih murah dilakukan ketimbang melakukan pemasaran secara konvensional.

Cara Penerapan Gimmick Marketing

Tantangan dalam penerapan gimmick marketing adalah jangan sampai ia terlihat terlalu diatur atau terlalu dibuat-buat.

Masyarakan saat ini sudah dibuat gerah dengan taktik pemasaran yang terlalu mencolok atau terang-terangan.

Gimmick dalam marketing yang Anda lakukan harus lebih cerdas dan lebih autentik daripada teknik pemasaran jenis lainnya.

Berikut ini sejumlah cara penerapan gimmick marketing agar berhasil menarik perhatian audiens.

1. Autentisitas

Media sosial sudah menjadi salah satu platform efektif untuk melakukan pemasaran. Gimmick marketing pun cocok diterapkan di media sosial.

Terlebih, video merupakan format yang pas untuk melakukan gimmick marketing di media sosial.

Melalui media sosial, Anda bisa mendeskripsikan dengan leluasa tentang perusahaan, merek, dan apa yang Anda jual.

Video merupakan format yang baik untuk menunjukkan semua itu, terutama ketika Anda hendak menunjukkan uji ketahanan produk dan sebagainya.

Pastikan video yang Anda tunjukkan itu autentik, tidak terlihat sebagai hasil editan.

2. Menunjukkan Behind the Scene Proses Bisnis

Bagaimana caranya sebuah produk akhir diproduksi, atau bagaimana Anda mempersiapkan segala sesuatu untuk memberikan pelayanan terbaik, Anda dapat menunjukkannya melalui konten behind the scene atau di belakang layar.

Tujuan dari gimmick marketing ini adalah memberi tahu konsumen bahwa Anda bekerja keras untuk memberikan produk atau layanan terbaik.

Menunjukkan proses di belakang layar juga memberikan kesan transparansi yang memunculkan kepercayaan konsumen bahwa produk atau layanan Anda autentik.

3. Menciptakan Brand Personality

Feed di media sosial bisnis, tentu harus membahas tentang merek dagang Anda. Apa yang dapat Anda berikan, apa yang Anda tawarkan kepada konsumen, dan sebagainya, semuanya harus tergambar dalam media sosial.

Namun, ada yang lebih penting lagi, yakni menciptakan brand personality. Tak jarang kita menemukan admin media sosial perusahaan yang punya julukan atau nama panggilan unik.

Hal ini untuk membuat para pengikut merasa nyaman berkomunikasi dan tak ragu untuk bertanya ini-itu mengenai produk. Anda pun tak melulu harus membahas produkmu semata di media sosial.

Berinteraksilah dengan merek lain. Tak ada konsumen yang hanya mengikuti satu akun media sosial.

Berikan informasi mengenai merek yang Anda sukai, berikan pujian kepada perusahaan lain, termasuk menyapa influencer yang Anda percaya.

Hal ini membuat akun media sosial bisnis Anda terasa autentik dan tidak kaku.

4. Buat Blog

Buatlah sejumlah konten tulisan atau artikel yang akan membantu Anda mengamankan posisi bisnis sebagai ahli di bidangnya.

Oleh sebab itu, coba buat blog jika ingin menggunakan gimmick dalam marketing usaha Anda.

Jika bisnis Anda secara teratur membagikan artikel dengan topik yang relevan dengan merek, bisnis Anda akan menarik perhatian calon pelanggan.

Apalagi jika Anda tidak pelit berbagi tips dan trik dalam artikel-artikel blog.

Pastikan artikel blog mengikuti aturan SEO (search engine optimization) agar mudah ditemui di mesin pencari.

5. Membuat Kontes Online

Kontes online merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan gimmick marketing. Pasalnya, siapa yang tidak tergiur mendapatkan hadiah jika menang?

Melalui kontes online, Anda bisa meningkatkan promosi dari mulut ke mulut. Apalagi jika kontesnya berpusat pada cerita pengalaman konsumen dengan produk yang Anda tawarkan.

Tentu, cerita terbaik akan mendapatkan hadiah.

Kontes online juga bisa berupa giveaway.

Misalnya, Anda akan memberikan sejumlah produk kepada sejumlah orang dengan syarat me-mention minimal lima orang teman di akun media sosial.

Anda pun berpeluang mendapatkan pengikut tambahan.

6. Bermitra dengan Influencer

Satu lagi penerapan gimmick dalam marketing adalah bermitra dengan influencer. Sejumlah influencer memiliki pengikut loyal yang mungkin saja sesuai dengan segmen pasar Anda.

Bekerja samalah dengan sejumlah influencer untuk memberikan review terhadap produk.

Biasanya, produk tersebut akan mereka coba gunakan terlebih dahulu, lalu mengutarakan pendapat mengenai produk itu.

Ulasan yang baik dari seorang influencer bisa sangat membantu membangun brand awareness atas bisnis Anda dan menambah pelanggan. Namun, Anda juga harus siap menerima kritik dari influencer.

Mereka mungkin menemukan kelemahan dalam produk Anda. Akan tetapi, sisi baiknya itu bisa jadi bahan evaluasi Anda untuk ke depannya.

Untuk bekerja sama dengan influencer, Anda perlu cermat dalam memilih.

Pastikan sosok influencer tersebut memiliki nilai-nilai yang sama dengan merek, followers yang termasuk dalam target pasar Anda, dan memiliki attitude yang baik.

Jangan sampai Anda merugi karena memilih influencer yang tak sesuai target pasar. Sebab, bermitra dengan influencer biasanya tak memakan biaya yang sedikit.

7. Luncurkan Edisi Khusus dan Terbatas

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan dalam menerapkan gimmick dalam marketing adalah dengan membuat produk edisi khusu dan terbatas.

Melansir Indeed, produk limited edition ini semacam taktik pemasaran kelangkaan, artinya dapat membuat konsumen percaya bahwa mereka memiliki kesempatan terbatas untuk membeli suatu barang.

Bagi Anda yang menjual produk, bisa memanfaatkan trik gimmick yang satu ini.

Tentu saja, dengan beberapa tambahan perencanaan produksi sehingga tampak berbeda dari produk biasa.

Untuk membuat edisi terbatas, Anda mungkin bisa memproduksi barang dengan pilihan warna tertentu, berkolaborasi dengan influencer, menggunakan kemasan baru, dan hal-hal menarik lainnya.

Demikian seluk-beluk mengenai gimmick dalam marketing.

Gimmick marketing adalah teknik pemasaran yang cocok digunakan usaha kecil, karena minim biaya.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !