Ini Dia Platform Media Sosial Terbaik untuk Bisnis Anda

Pada era teknologi sekarang ini, tidak cukup hanya membuat konten yang baik, namun juga wajib memanfaatkannya. Intinya, Anda harus mengoptimalkan semua platform media sosial yang ada.

Platform Media Sosial untuk Bisnis Anda

Memang tidak semua media sosial layak digunakan untuk bisnis atau marketing suatu produk atau jasa, namun tidak ada salahnya mencoba semua platform media sosial, sampai Anda menemukan platform yang cocok.

Berikut akan kami kupas mendalam satu per satu media sosial yang sedang happening, atau banyak digunakan oleh para pebisnis, baik level startup, maupun pengusaha yang sudah mapan dalam menjalankan bisnisnya.

1. Instagram

Instagram adalah tempat berbagi unggahan foto dan video kepada para pengikut atau followers kita di Instagram.

Platform ini memungkinkan kita memanjakan visual para penikmat konten dan pengikut kita melalui foto atau video yang dapat kita sinergikan dengan kata-kata yang mendukung unggahan tersebut.

Selalu buat konten promosi bisnis yang menarik dan kreatif. Selalu ingat untuk menggunakan tagar, dengan cara kerja yang mirip seperti tagar pada Google+, akan membuat kita meraih semakin banyak pengikut.

2. Line

Line adalah media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan para pemilik bisnis menjalankan strategi marketingnya. Bisnis-bisnis yang dipasarkan bisa memanfaatkan fitur-fitur dari Line, seperti bot ketika pesan masuk di luar jam operasional, broadcast, hingga group yang bisa dijadikan sebagai room chat untuk berjualan.

Pemasaran produk di Line juga bisa dilakukan dengan memperbarui timeline yang akan di post. Timeline ini berguna bagi Anda yang ingin memasarkan suatu produk, memberikan informasi, dan lain sebagainya untuk para pengikut dan kontak.

3. Linkedin

Linkedin utamanya digunakan oleh jaringan bisnis profesional, platform media sosial  ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi tautan dan informasi kepada rekan profesionalnya.

Walaupun memang Linkedin termasuk susah untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, namun Linkedin sangat bagus jika kita ingin melebarkan sayap atau networking bisnis kita, karena platform ini memungkinkan kita untuk dapat mengenal para pebisnis lain yang berkecimpung dalam dunia usaha yang sama.

4. Twitter

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat terbuka, layaknya sebuah blog namun terbatas hanya 140 karakter. Walaupun utamanya postingan di Twitter berupa teks, namun tidak menutup kemungkinan untuk membagikan foto dan video.

Kelebihan dari Twitter adalah Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya, dan dapat menautkan setiap postingan dengan platform media sosial lain yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Sedikit tips untuk menghasilkan konten yang berkualitas adalah, buat tagar yang menarik, caption yang sederhana namun mengundang rasa penasaran orang. Hal ini akan sangat berguna apabila dijadikan acuan dalam mengembangkan konten marketing kita di Twitter.

5. WhatsApp

Tidak hanya Line, WhatsApp juga termasuk aplikasi yang pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan kerabat, keluarga, teman, dan lain sebagainya. Namun selain menjadi aplikasi untuk mengirim pesan, WhatsApp juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat memasarkan produk.

Salah satu fitur pada WhatsApp yang berguna untuk mempromosikan suatu brand, Anda bisa menggunakan WhatsApp Bisnis. Fitur ini memang diperuntukkan sebagai tempat untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

6. Facebook

Facebook adalah tempat membagikan bermacam hal tentang kehidupan, tautan berita, foto, dan video. Optimalkan Facebook sebagai tempat berinteraksi dengan para pelanggan. Facebook juga memungkinkan kita untuk membuat “Facebook Fanpage” yang biasanya tempat untuk berbagi segala hal yang berkaitan dengan bisnis.

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa Facebook Fanpage lebih dikhususkan untuk membangun citra suatu perusahaan dibandingkan citra dari produk atau jasa yang dihasilkan, namun pendapat ini sedikit buyar dengan hadirnya Facebook Ads.

Facebook ads merupakan solusi untuk Anda yang ingin mempromosikan tentang suatu produk atau jasa yang telah Anda buat, menyebarluaskan propag Anda, bahkan target berdasarkan usia, demografis, dan kriteria lain dapat dengan mudah Anda masukkan ke dalam target marketing Facebook Ads Anda, hal ini untuk mencegah iklan yang Anda tayangkan salah sasaran.

7. Tumblr

Tumblr adalah sebuah platform media sosial  tempat berbagi segala sesuatu, mulai dari foto, tulisan, video, dan musik. Pengguna bisa membuat laman, memposting ulang blog atau karya milik orang lain ke dalam laman pribadi, pengguna dapat menggabungkan semua konten itu dengan konten miliknya sendiri.

8. TikTok

TikTok jadi salah satu media sosial yang sedang hits di kalangan anak muda Indonesia. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk berbagai video, TikTok juga bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki. Bahkan sudah banyak brand-brand ternama yang mulai memanfaatkan aplikasi ini untuk memasarkan produknya.

Sebagai informasi, pemasaran brand yang digunakan di TikTok bisa memanfaatkan fitur live, video singkat TikTok, TikTok Shop, dan lain sebagainya. Hingga kini, aplikasi memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

9. Youtube

Youtube adalah platform khusus untuk berbagi video. Youtube sangat menarik, jika digunakan sebagai tambahan untuk memperkenalkan tentang bisnis dan produk/layanan, ceritakan tentang kelebihan bisnis dan produk/layanan tersebut. Gunakan tagar untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dan memperluas pangsa pasar. Simak pula panduan dan tips membuat vlog untuk pemula.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Itu Web Service? Dan Apa Fungsinya?

Tingkat konsumsi internet penduduk Indonesia sangat tinggi. Mengingat hal tersebut, sudah selayaknya setiap website memiliki kapasitas, keamanan, dan kecepatan yang memadai. Salah satu caranya yaitu dengan

Apa itu Social Bookmarking?

Ketika berselancar internet, Anda mungkin pernah melihat fitur bookmark pada browser. Fitur browser ini berfungsi untuk menyimpan halaman situs web tertentu agar bisa dibuka kembali di masa mendatang tanpa

Cara Dapat Uang dari Travel Blog

Sebagaimana yang diketahui, internet sudah berkembang cukup pesat, ada berbagai macam blog yang bisa ditemukan. Jadi, tidak hanya travel blog saja, adapun blog-blog lainnya, seperti

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !