6 Tools Instagram Gratis yang Bermanfaat bagi Bisnis Anda

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak diakses oleh masyarakat di dunia. Berdasarkan survei dari WeAreSocial tahun lalu mencatat pengguna Instagram di Indonesia sekitar 55 juta dan menempati urutan ketiga terbesar di dunia. Maka tidaklah heran bila Instagram kerap dijadikan sebagai platform bisnis online. Maka dari itu dibutuhkan Instagram tools terbaik supaya semakin maksimal.

Untuk memanfaatkan bisnis online platform ini, kamu perlu menggunakan Instagram tools agar makin optimal. Berikut Instagram tools gratis yang bisa kamu pakai.

1. Later.com

Later.com merupakan tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat jadwal posting di Instagram. Keuntungannya, tools ini juga bisa digunakan untuk media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter dan Pinterest. Untuk bisa menggunakannya, kamu harus menggunakan akun Instagram dengan versi bisnis dan bukan personal. Meskipun Later.com adalah tools gratis, kamu tidak perlu khawatir karena tools ini termasuk partner resmi Instagram sehingga aman untuk digunakan.

Dengan Instagram tools ini kamu bisa membuat sebanyak 30 post dalam waktu satu bulan dan bisa digunakan untuk satu akun Instagram saja. Selain untuk menjadwalkan posting, baru-baru ini Later.com mengenalkan fitur untuk membuat posting terjadwal secara otomatis.

2. All-Hashtag

Dalam Instagram hashtag atau tagar adalah hal yang wajib kamu sematkan di postingan untuk memudahkan pengguna dalam menemukan konten yang kamu buat. Terlebih lagi bila kamu memiliki bisnis online dan memasarkannya lewat Instagram, maka hashtag wajib kamu tuliskan. Instagram sendiri membatasi penggunaan hashtag hingga 30 dalam satu kali postingan.

Mencari hashtag yang populer di Instagram memang tidak mudah. Kamu perlu Instagram tools All-Hashtag. Dari segi penggunaannya, tools ini bisa dibilang sangat mudah dan dapat di unduh gratis. Kamu tinggal klik generate dan copy pada konten dan langsung kamu bisa melihat hasilnya.

3. Socialblade

Tidak hanya itu saja, dalam melakukan bisnis melalui Instagram kamu juga perlu untuk melihat perkembangan kompetitor. Salah satu Instagram tools yang bisa kamu gunakan adalah Socialblade. Alat ini berfungsi untuk menganalisa konten serta statistik akun Instagram. Kamu bisa mengunduh tools tersebut secara gratis. Cara menggunakannya adalah, cukup memasukkan username Instagrammu atau akun lainnya yang ingin kamu lihat.

Data-data yang muncul berupa jumlah followers, konten, tingkat engagement rate, dan rata-rata jumlah likes hingga komentar semua akun. Kamu pun bisa melihat tren yang sedang terjadi di Instagram pada suatu waktu. Adanya Instagram tools ini bisa kamu gunakan untuk membuat marketing plan melalui akun Instagram.

4. Iconosquare

Bagi kamu yang memiliki bisnis online yang masih berskala kecil dapat menggunakan Instagram tools Iconosquare. Sama seperti tools yang digunakan untuk menganalisa pada umumnya, Iconosquare menawarkan pencarian user, menanggapi tulisan maupun komentar para pengguna, hingga analisa untuk membuat hashtagTools ini juga bisa digunakan untuk menganalisa akun Instagram kita.

Iconosquare sendiri cukup terkenal dan banyak digunakan oleh para selebritis terkenal. Bahkan beberapa musisi dan selebritis di Amerika Serikat kerap menggunakannya. Selain itu, Iconosquare bisa menggunakan lebih dari 20 bahasa sehingga kamu dapat melihat atau menghubungi followers dari negara lain.

5. Schedugram

Seringkali bisnis online melalui Instagram bisa menyita waktu cukup lama. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Instagram tools Schedugram dapat kamu gunakan untuk menghemat waktu. Schedugram sendiri memiliki basis di Australia dan dilengkapi dengan berbagai fitur. Beberapa di antaranya adalah memposting gambar, video, maupun konten secara terencana.

Tools ini sangat cocok bagi kamu yang baru merintis usaha tetapi tidak memiliki admin dalam mempromosikan produk. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan dapat melayani order pelanggan tanpa harus lupa untuk posting konten produk.

6. Canva

Instagram tools berikutnya adalah Canva, untuk kamu yang biasa membuat desain pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Canva merupakan aplikasi yang populer di banyak kalangan, baik pada content creatormahasiswa, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengaksesnya langsung di situs webnya.  Di sana, kamu akan menemukan banyak template dengan berbagai ukuran, salah satunya adalah ukuran untuk Instagram. Baik feeds maupun Instagram stories. Dengan adanya template tersebut maka kamu tidak perlu bersusah payah mendesainnya dari awal.

Cukup pilih template sesuai keinginan, kemudian drag & drop serta tambahkan foto dan teks yang dibutuhkan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !