Cara Mendapatkan Klien untuk Jasa Pembuatan Website

Cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website berbeda dengan bisnis lain. Apa saja yang perlu Anda lakukan? Strategi apa yang cukup jitu untuk itu?

1. Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar yang tepat penting bagi bisnis. Langkah ini juga perlu dilakukan sebagai cara mendapatkan klien untuk bisnis jasa pembuatan website.

Dengan target pasar yang jelas, Anda akan lebih fokus dalam memasarkan produk dan biaya promosinya pun akan jauh lebih kecil.

Tidak hanya itu, pengembangan usaha juga akan lebih mudah dengan lingkup yang kecil dulu. Misalnya, menarget pasar lokal hingga nasional, sebelum masuk ke pasar internasional.

Untuk menentukan target pasar bagi bisnis Anda, mulailah dengan mengamati persaingan usaha dulu. Lalu, lanjutkanlah dengan membuat buyer persona sebagai sosok representasi konsumen Anda. Kemudian, Anda bisa mengelompokkan konsumen berdasarkan kebutuhannya akan produk Anda.

2. Terapkan One-Stop Shopping

Coba Anda tanya ke diri Anda sendiri: Anda memilih mengunjungi berbagai toko berbeda untuk berbelanja atau hanya ke satu toko yang menyediakan semua kebutuhan Anda?

Jawabannya tentu yang kedua, ya? Ini juga berlaku dalam bisnis pembuatan website.

Penjelasannya seperti ini. Tidak semua calon konsumen tahu apa yang mereka butuhkan. Dan, konsumen akan menggunakan pilihan termudah untuk mereka.

Artinya, bisa saja konsumen menganggap dengan menggunakan jasa Anda website mereka akan langsung aktif. Padahal, sebuah website membutuhkan hosting dan domain untuk bisa online. Dan, keduanya adalah produk terpisah yang harus dibeli sendiri.

Nah, jika bisnis Anda tidak menyediakannya, calon konsumen mungkin akan memilih tempat lain yang menawarkan kemudahan One Stop Shopping tersebut.

Solusinya, Anda bisa bekerja sama dengan layanan hosting untuk menjadi reseller hosting. Jadi, bisa menyediakan hosting dan domain dalam paket bundling.

3. Lakukan Optimasi Landing Page

Landing page adalah salah satu halaman terpenting bagi website bisnis karena mampu mendorong pengunjung untuk langsung melakukan transaksi.

Melakukan optimasi landing page merupakan cara mendapatkan klien baru yang efektif. Namun, pastikan Anda memahami elemen apa saja yang harus ditonjolkan.

Inilah beberapa optimasi yang perlu Anda lakukan:

  • Tambahkan whitespace untuk menghindari tampilan landing page penuh sesak.
  • Pastikan hero shot (foto/video) yang digunakan efektif menarik perhatian dan menjelaskan manfaat yang bisa didapatkan calon konsumen
  • Perbaiki tulisan penawaran (copy) Anda agar lebih dapat membujuk calon konsumen segera melakukan transaksi
  • Tempatkan tombol Call to Action (CTA) di tempat yang lebih strategis bagi pengunjung

Dengan beberapa cara tersebut, Anda bisa lebih mudah untuk menggaet calon konsumen baru. Jangan lupa untuk melakukan pengujian beberapa perubahan di atas hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.

4. Lengkapi Website Anda dengan Blog

Sekarang adalah era content marketing. Dan, salah satu bentuk content marketing yang populer adalah blog.

Ngeblog bisa menjadi salah satu cara mendapatkan klien untuk web developer. Kenapa demikian?

Pada saat Anda membangun blog dan membuat artikel yang bermanfaat, Anda memberikan value yang lebih kepada konsumen. Hal ini tidak saja dapat membangun reputasi tapi juga memperkuat engagement. Terutama karena Anda bisa berbalas komentar dengan pengunjung.

Tidak hanya itu, konten yang up-to-date dari blog disukai mesin pencari. Artinya, bisa ikut mendongkrak visibilitas website bisnis Anda.

Dan faktanya, bisnis yang melakukan upaya promosi melalui blog mendapatkan hasil 13 kali lipat lebih baik.

5. Tawarkan Jasa Gratis

Siapa tak suka penawaran gratis? Semua orang menyukainya.

Nah, memberikan penawaran gratis cukup jitu sebagai cara mendapatkan klien untuk jasa pembuatan website. Namun, tentu dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Ada berbagai layanan dalam pembuatan website yang bisa Anda gunakan dalam strategi ini. Bisa berupa special deals, potongan harga atau bonus.

Misalnya, Anda bisa memberikan gratis beberapa tema premium untuk 100 konsumen pertama. Atau, Anda akan memberikan support setahun penuh bagi konsumen yang menggunakan jasa Anda kembali.

Dengan cara ini, Anda bisa memberikan value lebih kepada konsumen sambil berupaya menarik hati konsumen kompetitor dengan penawaran tersebut.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍