Ciri Artikel yang Berkualitas

Untuk meningkatkan peringkat SEO, mendapat traffic dan lead, Anda pelu menciptakan konten menarik dan berkualits untuk blog atau website. Bila Anda menulis konten yang orisinil, mesin pencari akan membantu situsmu mendapat lebih banyak ekspos. Google ingin memberi reward pada situs dengan kualitas tinggi yang mengandung konten orisinil.

Jadi, konten menarik tak hanya membuat website jadi lebih baik, tapi juga meningkatkan peringkat situs sehingga memiliki dampak positif bagi bisnis.

Ciri Artikel yang Berkualitas

Sebelum membahas cara membuat artikel yang menarik, Anda perlu tahu ciri artikel berkualitas. Bila konten Anda memenuhi semua standar ini berarti Anda melakukan permulaan yang baik.

Mudah Ditemukan (Findable)

Konten yang Anda tulis akan sia-sia bila tak ada yang membacanya. Karena itu, konten harus mudah ditemukan setidaknya dalam dua cara:

  • Dari dalam situs. Bila seseorang sudah berada di dalam situs Anda, mereka harus bisa menemukan kontenmu yang terbaru dan terbaik
  • Dari luar situs. Orang yang tidak tahu website Anda harus bisa menemukan konten melalui situs pencarian Google

Cara terbaik untuk bisa ditemukan oleh mesin pencari adalah menyesuaikan konten dengan kata kunci yang relevan. Lalu optimasi konten untuk kata kunci tersebut.

Bisa Dibagikan (Shareable)

Ada dua hal yang membuat konten bisa shareable, yakni:

  • Konten yang bermanfaat dan bermutu. Ketika seseorang menemukan konten yang sangat bagus, mereka ingin menyebarkannya
  • Konten mudah dibagikan. Buat setiap orang yang menemukan kontenmu mudah untuk membagikannya

Berikut beberapa hal dasar tentang konten yang bisa dibagikan:

  • Alokasikan waktu untuk “framing.” Ini berarti headline, gambar, dan bagian yang terlihat saat pembaca membuka kontenmu. Semakin banyak orang yang melihat headline Anda dan merasa tertarik, semakin besar kemungkinan mereka akan mengklik dan membacanya. Ini memaksimalkan potensi konten untuk dibagikan di
  • Gunakan sharing tool yang mudah. Gunakan tools seperti social share yang mendorong pembaca membagikan konten Anda di berbagai media sosial.

Mudah Dibaca (Readable)

Bagi sebuah konten, keterbacaan adalah hal yang sangat penting. Dari perspektif design, konten yang mudah dibaca berarti tidak berat bagi mata, jadi perhatikan faktor berikut:

  • Ukuran tulisan
  • Warna teks dan latar belakang. Misalnya, merah pada latar hitam bukan ide yang baik
  • Luas kolom. Terlalu luas akan membuat pembaca tersesat ketika bergerak kembali ke margin kiri
  • Leading (jarak vertikal antar garis tidak terlalu dekat).

Selalu Diingat (Memorable)

Konten yang bagus tidak hanya menghibur selama 2 menit dan lalu hilang dari pikiran. Artikel atau konten yang bagus membuat pembaca ingin kembali membacanya dan merekomendasikannya ke teman. Anda bisa membuat konten lebih memorable dengan memastikan membuat konten yang tidak hanya meniru apa yang orang lain katakan.

Cara Buat Artikel yang Menarik dan Berkualitas

Apapun alasan Anda untuk memiliki website, baik untuk bisnis atau hobi pribadi, sangat penting untuk menjalankannya dengan baik. Mulai dari segi desain, isi dan konten di dalamnya. Berikut ini beberapa cara untuk buat artikel yang berkualitas dan menarik bagi pembaca.

Pertama kita perlu melihat apa yang membuat sebuah konten jadi berkualitas. Berikut cara membuat artikel yang menarik untuk Anda ketahui:

1. Buat Konten yang Orisinil

Cara buat artikel yang bagus pertama-tama harus orisinil. Seperti telah disebutkan di atas, konten orisinil sejalan dengan Google dan pengunjung situs Anda. Orisinil juga berarti orisinalitas dari sisi idenya. Menjiplak konten orang lain akan menyebabkan hukuman dari Google yang bisa membuatmu kembali ke titik awal. Pelajari lebih lanjut tentang menulis konten untuk menaikkan peringkat situs.

2. Fokus Ciptakan Headline yang Kuat

Selain orisinil, artikel harus memiliki judul atau headline yang menarik. Ini adalah salah satu cara ampuh untuk buat artikel yang disukai Google. Headline yang baik membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Faktanya, 80 persen orang hanya akan membaca headline, sedangkan hanya 20 persen yang membaca seluruh isi konten. Inilah yang membuat headline sama pentingnya dengan artikel itu sendiri.

3. Bisa Memberikan Jawaban

Apa tujuan akhir dari mesin pencari? Untuk menyediakan sejumlah jawaban. Google mahir dalam hal ini. Ketiklah sebuah pertanyaan di Google dan Anda akan disajikan tautan, gambar, dan video.

Ketika orang menggunakan mesin pencari, yang mereka inginkan adalah jawaban, dan menjadi tugas mesin pencari untuk memberikan jawaban. Sama halnya ketika orang membaca sebuah postingan blog, melihat infografik, atau menonton sebuah video, mereka menginginkan jawaban untuk mendapat pengetahuan.

Satu tips penting, orang tidak hanya menginginkan jawaban, tapi mereka menginginkan jawaban dengan cepat. Jadi buat konten Anda mudah dibaca agar orang bisa menangkap bagian yang penting dengan cepat.

Coba baca judul atau sub judul dari buku atau artikel non fiksi. Pembaca akan dibuat bertanya-tanya atau merasa penasaran. Menjadi tugas penulis untuk memberi jawaban dan menyajikan informasi yang mendukung.

4. Akurat dalam Melaporkan dan Mengambil Informasi

Anda menulis sebuah artikel untuk blog perusahaan, ratusan orang akan membacanya. Namun bagaimana bila ternyata apa yang Anda tulis tidak akurat? Bisa bayangkan dampak negatifnya pada perusahaan dan reputasi pribadi Anda. Ingat, blog adalah refleksi dari perusahaan. Bila ada masalah dengan blog, akan berdampak pada bagaimana orang melihat produk.

Setiap statistik yang ditampilkan harus diverifikasi. Banyak postingan blog akan memberi tautan ke statistik dan sumbernya.

Akurasi membangun kepercayaan pembaca. Berikut beberapa tips berkaitan dengan hal ini:

  • Pertimbangkan siapa yang ditautkan. Apakah sumber yang dipercaya dan memiliki otoritas? Memberi tautan ke website berkualitas akan membangun lebih banyak kepercayaan dari pembaca.
  • Memberi tautan ke lebih banyak konten. Semakin banyak mendukung apa yang Anda tulis, konten akan menjadi semakin terpercaya.
  • Buat tautan ke sumber dan konten lain untuk membantu mesin pencari mengetahui isi dari konten Anda, dan bagaimana seharusnya konten ini dikategorikan.

5. Ciptakan Konten yang Engaging

Konten yang engaging adalah salah satu tips dalam cara buat artikel yang berkualitas. Engaging content menawarkan sesuatu yang baru, perspektif baru, pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi, atau menghibur. Konten yang engaging memberi pembaca sesuatu yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Berikut beberapa tips untuk membatu Anda menulis konten yang engaging:

  • Buat pembaca bertanya-tanya. Ini bukan berarti membuat postingan yang belum selesai, tapi menyertakan pertanyaan yang membuat pembaca merefleksikan bagaimana mereka bisa mengimpelementasikan pengetahuan yang Anda berikan.
  • Bagian perkenalan yang mengesankan. Ingin tahu bagaimana cepatnya orang membuat penilaian tentang sebuah postingan blog? Kebanyakan orang mungkin hanya perlu membaca beberapa kalimat awal untuk menentukan sebuah postingan layak dibaca. Beritahu pembaca kenapa mereka perlu tetap berada di konten Anda dan beritahu apa yang akan dibahas di blog post ini. Buat mereka ingin membacanya.
  • Orang menyukai cerita. Anda bisa gunakan anekdot di bagian perkenalan atau cerita dalam postingan blog. Cerita bisa membantu mengklarifikasi sebuah poin. Bila memungkinkan, tambahkan cerita pada postingan blog Anda. Ini akan membuat postingan lebih engaging dan juga membantu pembaca belajar.

Bila Anda menyediakan konten yang mengundang banyak komentar, mesin pencari akan menganggap postingan Anda penting dan diupdate secara teratur. Ini jadi cara bagus untuk membuat mesin pencari kembali ke situsmu lebih sering.

6. Menambahkan Gambar dan Video

Orang belajar dengan cara berbeda. Beberapa orang belajar lebih baik dengan melihat, sedang lainnya belajar lebih baik dengan mendengar. Satu hal yang pasti, tambahan visual membuat konten lebih menarik dan mudah disimak. Baik gambar, video, atau diagram, dapat membantu mengilustrasikan poin Anda.

Banyak buku yang menambahkan gambar untuk meningkatkan pengalaman membaca dan pelajaran dari penulis. Apapun yang Anda tuliskan, tambahkan gambar. Tak ada yang mau melihat paragraf teks saja, jadi tambahkan gambar untuk membangun atau menambahkan nilai.

7. Tulis Konten Pendek dan Meruncing

Satu pelajaran menulis yang penting adalah membatasi kesalahan. Ini cukup menantang dan membutuhkan kerja keras, tapi membuat komposisi konten jadi jauh lebih baik.

Tak ada yang lebih baik selain postingan blog atau artikel yang singkat dan langsung pada inti persoalan yang berisi informasi. Jadi jangan fokus pada jumlah kata. Postingan blog yang lebih panjang tidak berarti postingan yang lebih baik. Dan sering kali, membuat postingan blog yang pendek lebih sulit dan lebih butuh waktu dibanding menulis sebanyak yang Anda bisa.

8. Selalu Update Website atau Blog

Memulai sebuah blog atau website adalah sebuah komitmen. Bila Anda menulis beberapa postingan dan lalu meninggalkan tugas ini, Anda tidak akan memiliki banyak pembaca atau pelanggan baru. Tidak hanya itu, mesin pencari juga tidak menyukai situs yang tidak secara teratur diupdate.

Bila Anda memiliki blog atau situs, Anda perlu mengupdatenya secara teratur dengan konten berkualitas. Banyak situs dengan konten terbagus diupdate secara berkala. Situs yang memposting lebih sering memiliki gelombang pengunjung lebih kuat.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍