Tujuan utama bisnis adalah menjual produk dan layanan untuk mendapat keuntungan. Iklan membantu bisnis mendapat keuntungan dengan membuat lebih banyak orang tahu tentang produk atau layanan dan kemudian menghasilkan lebih banyak penjualan.
Konsumen, sebaliknya, tidak akan tahu tentang produk dan layanan bila tidak diiklankan. Iklan membantu pelanggan membuat keputusan berkaitan dengan produk dan layanan yang akan dibeli. Dengan bantuan iklan, pelanggan bisa menentukan pilihan yang terbaik. Ketahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dalam internet marketing.
Saat ini, industri iklan telah menjadi industri besar karena banyaknya jumlah produk dan layanan yang ditawarkan. Sebagai akibatnya, kompetisi juga meningkat, menuntut tiap pebisnis mempromosikan produk dan layanan mereka dengan cara yang paling baik. Ini kemudian memicu perkembangan teknik iklan baru dan peningkatan jumlah agensi iklan yang ada saat ini.
Tujuan dari tiap kampanye promosi adalah memungkinkan produk menggapai orang yang tepat dengan meningkatkan kesadaran tentang produk tersebut, manfaatnya dan kekurangannya. Ini penting untuk keberhasilan sebuah bisnis.
1. Promosi
Tujuan utama iklan adalah menunjukkan kalau Anda punya sesuatu yang bagus untuk ditawarkan. Ini bisa apa saja mulai dari event hiburan yang Anda promosikan, produk baru yang Anda jual, kampanye politik yang Anda atur, atau ekspansi dari platform layanan yang sudah ada.
Baik promosi menggunakan iklan cetak atau billboard, kontennya tetap mengikuti aturan jurnalisme dengan mengidentifikasi siapa, apa, dimana, kapan, dan kenapa.
2. Awareness
Iklan membantu meningkatkan kesadaran tentang sesuatu yang orang tidak familiar serta mendidik mereka tentang manfaat tertentu dari produk atau layanan Anda.
Contoh populernya adalah industri penanganan masalah kesehatan. Bila misalnya, seorang pelanggan menonton iklan televisi dimana seseorang menjelaskan rasa sakit yang mirip dengan yang dialami penonton, iklan tidak hanya mengidentifikasi penyebab yang mungkin tapi juga menyarankan pilihan penyembuh atau penanganan untuk dibahas bersama dokter.
3. Perbandingan
Iklan mengundang audiens target untuk mengevaluasi bagaimana produk atau layanan Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda.
Demonstrasi produk pembersih rumah tangga adalah contoh bagus untuk ini, karena mereka memberi bukti visual tentang produk mana yang lebih cepat dan efektif mengatasi noda membandel.
Iklan politik jadi contoh lain bagaimana iklan memberi perbandingan kualifikasi kandidat agar pembaca dan penonton bisa membuat keputusan saat pemilihan.
4. Retensi
Kampanye iklan yang berkelanjutan penting untuk mengingatkan pelanggan kalau Anda masih ada. Di kondisi ekonomi yang semakin sulit dimana banyak toko, restoran, dan perusahaan kehilangan bisnis, menjaga keberadaan Anda melalui iklan teratur, event, dan website yang dinamis sangat penting untuk jangka panjang.
Di sisi lain langkah ini juga menarik pelanggan baru yang belum membutuhkan produk atau layanan Anda ketika pertama kali diluncurkan tapi sekarang mereka merasa senang mengingat tentang Anda.