Tips dan Cara Mengatasi Persaingan dengan Kompetitor

Pengetahuan mengenai apa itu kompetitor itu tidak cukup dalam mengatasi persaingan dengan kompetitor di pasar. Meski Anda bisa banyak belajar dari pesaing, Anda harus selalu waspada strategi bisnis Anda tidak dicuri oleh pesaing.

Berikut sejumlah tips dan cara mengatasi persaingan dengan rival di pasaran.

1. Kenali Kompetitor

Pelajari kompetitor dengan baik, mulai dari apa yang mereka tawarkan, apa kekuatan dan kelemahan, hingga siapa pelanggan mereka. Dengan demikian Anda bisa memosisikan produk Anda sendiri di pasaran dan menciptakan peluang dari kelemahan pesaing.

2. Kenali Pelanggan Anda

Jangan cepat puas dengan jumlah pembelian yang tinggi dari pelanggan, karena sewaktu-waktu mereka bisa beralih ke pesaing. Cari tahu terus apa yang mereka butuhkan, sehingga Anda dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan menciptakan loyalitas tinggi.

3. Membuat Perbedaan

Meski bergerak di lini bisnis yang sama, Anda harus menciptakan karakteristik unik pada produk atau layanan Anda. Hal ini untuk membuat kesan bahwa apa yang Anda tawarkan berbeda dengan kompetitor.

4. Tingkatkan Pemasaran

Ketika pesaing mulai banyak bermunculan, mau tak mau Anda pun harus meningkatkan pemasaran. Lakukan campaign produk secara berkala untuk mencitrakan perusahaan sebagai yang terdepan di bidangnya.

5. Menargetkan Segmen Baru

Seperti yang disebut sebelumnya, pelajari segmentasi kompetitor Anda, dan temukan ceruk pasar yang belum tersentuh. Dari situ, targetkan ceruk pasar tersebut sebagai segmentasi pasar baru bagi perusahaan.

6. Buatlah Rencana untuk Masa Depan

Buatlah rencana jangka panjang untuk perusahaan, karena bisnis yang merencanakan pertumbuhan akan lebih sukses daripada bisnis yang stagnan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !