Tips Cara Mencari Modal Usaha untuk Bisnis

Banyak pebisnis pemula yang masih bingung bagaimana cara mencari modal usaha. Apalagi jika ide bisnis yang ingin dijalankan membutuhkan modal awal yang besar. Agar bisnis bisa berkembang dan sukses, berikut cara mencari modal usaha yang dapat Anda terapkan.

1. Tabungan Pribadi

Salah satu cara paling mudah untuk mendapat modal usaha adalah dengan menggunakan tabungan sendiri. Anda bisa mulai dengan menyisihkan sebagian dari gaji tiap bulannya. Dengan menggunakan tabungan sendiri, Anda jadi bisa memulai bisnis tanpa perlu memikirkan hutang saat bisnis sudah mulai berjalan.

Namun di sisi lain, cara yang satu ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Perlu Anda ingat bahwa, jangan gunakan tabungan pribadi seluruhnya untuk membangun bisnis. Pastikan Anda menyisihkan uang lain setidaknya satu tahun biaya hidup tetap sehingga jika ada gejolak keuangan, Anda masih dapat membiayai hidup.

2. Jual Aset

Sudah tidak sabar ingin membangun bisnis supaya keduluan orang lain? Cara mencari modal usaha lain yang bisa Anda coba adalah menjual aset seperti barang-barang berharga, perhiasan, kendaraan pribadi, dan sebagainya.

Anda juga bisa menggabungkan sejumlah uang dari tabunganmu sekarang dengan hasil penjualan aset sehingga modal yang kamu punya jadi lebih besar.

3. Dari Konsumen

Beberapa jenis bisnis khususnya bisnis jasa, seperti katering atau sablon biasanya bisa mendapatkan modal usaha dari pembayaran yang dilakukan pembeli di awal. Uang dari pembayaran tersebut kemudian digunakan untuk memproduksi pesanan.

Pembayaran di awal ini jumlahnya bisa kamu tentukan sendiri, baik full, setengah harga, atau sekadar uang muka saja. Keuntungan yang Anda dapat dari penjualan tersebut kemudian menjadi tambahan modal untuk mengembangkan bisnis Anda lebih lanjut.

4. Mencari Rekan Bisnis

Kalau mengandalkan modal sendiri terlalu berat, Anda bisa mencari rekan bisnis supaya modal usaha yang Anda punya jadi lebih besar. Coba ajak teman yang Anda percaya serta memiliki visi dan minat yang cocok.

Namun sebelum memulai bisnis dengan teman, pastikan Anda sudah membahas rencana secara rinci mulai dari strategi bisnis, goal yang ingin dicapai, pembagian keuntungan, dan hal-hal lainnya.

Dengan punya rekan bisnis, Anda juga jadi punya partner untuk brainstorm dan mendiskusikan ide-ide untuk mengembangkan bisnis.

5. Pinjam Orang Terdekat

Cara lain untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan pinjam orang terdekat seperti orang tua, keluarga, atau sahabat. Jelaskan ke mereka soal ide dan rencana bisnis Anda secara detail agar mereka pun merasa aman meminjamkan uang kepada Anda.

Bicarakan juga bahwa Anda akan segera mengembalikan uang yang kamu pinjam sebagai modal dalam periode waktu tertentu. Walaupun cara mendapat modal yang satu ini relatif lebih santai dan sederhana, Anda juga harus hati-hati. Jangan sampai kebablasan dan malah jadi merusak hubungan dengan orang yang meminjamkan uang.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Dengan Otomatis

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat

Teknik Meningkatkan Penjualan Online

Sebagiaman kita tahu, cara berjualan offline dengan cara online sudah pasti berbeda. Anda yang sudah membuka toko online namun tidak kunjung menghasilkan konversi dan mendapat

Tips Cara Bisnis Jual Beli Nama Domain

Boleh dibilang, potensi bisnis jual beli domain cukup cerah. Mengingat, pertumbuhan jumlah website setiap tahunnya cenderung naik. Yang artinya, kebutuhan akan domain pasti selalu ada.

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !