Perbedaan iOS dan Android yang Perlu Diketahui

Ada beberapa perbedaan dalam iOS dan Android, mulai dari kegunaan, kapasitas penyimpanan, kemampuan berbagi data, hingga harga yang dibanderolnya. Dengan mengetahui perbedaan-perbedaan tersebut, Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk tersebut.

iOS adalah sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. Memang awalnya perangkat ini hanya bisa digunakan untuk pengguna iPhone saja, namun seiring berjalannya waktu, iOS sudah bisa digunakan oleh mobile Apple lainnya, seperti iPad dan Apple TV.

Sementara itu, Android adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Google, yang digunakan untuk smartphone, tablet atau perangkat layar sentuh lainnya. Sistem operasi ini pertama kali diluncurkan pada bulan September 2008, di mana Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang disponsori secara komersial oleh Google.

Perbedaan iOS dan Android

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, perbedaan iOS dan Android bisa dilihat langsung dari tampilan, harga, aplikasi yang ada di dalamnya, dan lain sebagainya. Meski berbeda satu sama lain, iOS dan Android memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lantas, apa perbedaan dari iOS dan Android? Berikut informasinya.

1. Kemampuan modifikasi tampilan

Jika dilihat secara sekilas, Android memungkinkan para penggunanya untuk memodifikasi ikon-ikon tampilan supaya lebih beragam. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan iPhone yang tidak memungkinkan penggunanya untuk memodifikasi tampilan ikonnya.

Hal ini membuat pengguna Android mendapatkan nilai plus, karena mampu memberikan kebebasan bagi penggunanya untuk memodifikasi tampilan layar sesuai dengan keinginannya.

2. Keamanan

Apple mengumpulkan data dari semua orang yang menggunakan iOS dan melakukan pekerjaan dengan baik agar tetap anonim dan internal. Google melakukan hal yang sama, terlepas dari apa pun yang Anda baca dari tempat lain.
Tetapi Android memiliki beberapa masalah serius dalam hal keamanan dan privasi. Tidak sedikit model Android (termasuk yang terjual puluhan juta dan mendorong pangsa pasar Android) tidak terlindungi dengan sempurna. Dengan begitu ketika membandingkan Android vs iOS, faktor keamanan layak kamu pertimbangkan sebaik mungkin.

Google yang menjaga data Anda dengan baik tidak berpengaruh besar ketika peretas mendapatkan login bank Anda karena Anda telah ditipu untuk menginstal sesuatu yang dimungkinkan oleh software lama Android. Google memahami keamanan dan privasi internet, tetapi beberapa dari pengetahuan itu tampaknya hilang ketika sudah sampai pada Android.

3. Kemampuan berbagai data

Baik iOS dan Android menawarkan fitur untuk membagi data dengan cara yang berbeda-beda. Seperti yang diketahui, iOS akan berbagai data yang dimiliki menggunakan iCloud dan iTunes. Kedua fitur tersebut bisa didapatkan langsung melalui laptop atau PC yang dimiliki.

Sementara itu, Android memberi data-data yang dimilikinya dengan fitur bluetooth. Fitur ini membantu para user Android untuk bisa membantu berbagi dokumen, foto, hingga musik.

4. Ketersediaan suku cadang

Secara umum, suku cadang adalah alat-alat yang diperlukan agar sistem pengoperasian bisa berjalan dengan baik, begitu juga dengan iOS dan Android. Meski sama-sama memiliki ketersediaan suku cadang, baik iOS dan Android memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Pada umumnya, iPhone memiliki suku cadang yang dijual sangat mahal, sehingga sulit untuk ditemukan oleh beberapa orang. Sementara itu, suku cadang pada Android dibanderol dengan harga yang terjangkau, tetapi tidak kalah bermanfaat seperti sistem operasi iOS.

5. Harga

Perbedaan iOS dan Android yang lainnya bisa dilihat dari harganya. Apple Inc membanderol iPhone dengan harga yang sangat tinggi. Baru-baru ini contohnya, Apple mengeluarkan seri terbarunya, yaitu iPhone 14 128 gb hingga 512 gb seharga Rp12.400.000-Rp22.300.000.

Sementara itu, Android yang bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau, setidaknya tidak sampai puluhan juta Rupiah. Kondisi ini menandakan bahwa harga iPhone bekas pun tidak turun tajam. Sedangkan harga Android bekas turun sangat tajam.

6. Update

Cara Android vs iOS diperbarui sangat berbeda. Google menggunakan Play Services untuk menangani banyak bagian keamanan dan kompatibilitas aplikasi Android. Sementara pembaruan iOS tidak menyertakan setiap fitur untuk model yang lebih lama. Namun, masih tidak dapat disangkal bahwa pembaruan yang dilakukan oleh iOS masih lebih baik daripada Android.

Saat Android diperbarui, hanya telepon dari Google yang sedang didukung yang dapat di-update. Telepon-telepon itu adalah bagian yang sangat kecil dari perangkat Android yang sangat banyak. Sulit bagi Google untuk memaksa perusahaan lain mengirim pembaruan karena Google tidak membangun Android (Google hanya memberikan kode sumber ke perusahaan lain yang membangunnya sendiri. Setelah kode diperbarui, Google tidak dapat melakukan lagi).

7. Support

AppleCare legendaris membuat Apple terlihat lebih unggul dalam perbandingan Android vs iOS. Ketika Anda memiliki masalah dengan iPhone, Anda bisa masuk ke Apple Store dan mengurusnya (dengan AppleCare). Karena ponsel Android berasal dari begitu banyak perusahaan yang berbeda, kelebihan ini tidak dapat ditandingi oleh Android. Bukan berarti perusahaan yang membuat Android tidak menawarkan sesuatu.

Mereka semua memiliki departemen layanan pelanggan mereka sendiri, dan bahkan Pixel memiliki cara yang memungkinkan Anda berbicara dengan manusia hidup nyata jika Anda memiliki masalah atau butuh bantuan. Samsung juga memperluas kehadiran ritelnya di barat. Namun hal tersebut bahkan tidak mendekati pengalaman AppleCare.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !