Dalam era revolusi industri 4.0, ada sebuah istilah yang dinamakan IoT (Internet of Things). Dilansir dari laman TechAgenda, IoT adalah sistem perangkat komputasi yang saling terkait.
Jadi, berbagai perangkat bersensor saling terhubung melalui internet untuk mengumpulkan dan mentransfer data. Namun, proses pengumpulan dan pentransferan data tersebut dilakukan tanpa bantuan komputer atau manusia.
Dalam hal ini, perangkat yang terhubung bisa berupa benda-benda rumah tangga biasa hingga alat-alat industri yang canggih. Perangkat dan mesin yang terhubung dengan IoT dapat meningkatkan cara hidup manusia, sehingga lebih mudah.
Oleh karena itu, sudah banyak industri yang memanfaatkan Internet of Things sehingga mereka dapat beroperasi lebih efisien, lebih memahami pelanggan sehingga sistem pelayan pelanggan meningkat dan lebih baik, meningkatkan pengambilan keputusan, serta meningkatkan nilai bisnis.
Manfaat IoT untuk Bisnis
Seperti yang telah dijelaskan secara singkat sebelumnya, ada berbagai keuntungan penggunaan IoT dalam bisnis. Lebih lanjut, berikut manfaat Internet of Things bagi bisnis yang perlu kamu ketahui, dikutip dari Light IT:
1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis
Salah satu manfaat IoT bagi bisnis adalah dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Pasalnya, tugas-tugas biasa dapat dilakukan secara otomatis dengan bantuan IoT.
Jadi, sumber daya manusia dapat dialihkan ke tugas-tugas yang lebih kompleks yang memerlukan keterampilan pribadi, terutama pemikiran out of the box.
2. Operasional yang Lebih Efisien
Penggunaan Internet of Things juga bisa membuat operasional bisnis menjadi lebih efisien. Hal ini karena ada banyak operasi bisnis yang dilakukan menggunakan IoT.
Mulai dari manajemen inventaris, pelacakan pengiriman, manajemen bahan bakar, hingga suku cadang. Dalam hal ini, IoT bekerja dengan cara melibatkan penggunaan tag RFID dan jaringan sensor yang sesuai untuk melacak lokasi peralatan dan barang.
3. Ketepatan Penggunaan Sumber Daya dan Aset
Internet of Things yang digunakan bisa membantu perusahaan untuk menggunakan sumber daya dan aset yang ada dengan setepat mungkin.
Pasalnya, IoT dapat melakukan penjadwalan dan pemantauan otomatis melalui sensor yang saling berhubungan, sehingga memungkinkan efisiensi penggunaan sumber daya yang lebih tinggi, seperti peningkatan manajemen daya dan konsumsi air.
4. Menghemat Pengeluaran
Dengan menggunakan IoT, operasi bisnis dapat dilakukan lebih cepat dan efisien, sehingga lebih menghemat biaya produksi.
Karena periode waktu henti yang berkurang, dipastikan dengan pemeliharaan yang terjadwal dan terkontrol secara otomatis, pasokan bahan baku, dan persyaratan manufaktur lainnya, peralatan mungkin memiliki tingkat produksi yang lebih tinggi yang menghasilkan keuntungan lebih besar.
Adanya perangkat Internet of Things dapat memudahkan manajemen dalam masing-masing departemen dan di seluruh struktur perusahaan. Canggih sekali, bukan?
5. Memastikan Keselamatan Pekerja
IoT bisa digunakan dalam melakukan pemeliharaan terjadwal secara otomatis. Dengan demikian, hal tersebut dapat memastikan keselamatan operasional dan kepatuhan pekerja terhadap peraturan yang dibutuhkan selama proses produksi.
Perangkat pintar yang memanfaatkan Internet of Things juga mengurangi kemungkinan kesalahan manusia selama berbagai tahap operasi bisnis, yang juga berkontribusi pada tingkat keamanan yang lebih tinggi. Tak hanya itu, jaringan perangkat IoT seperti kamera pengintai, sensor gerak, dan perangkat pemantauan lainnya dapat digunakan untuk memastikan keamanan perusahaan dan mencegah pencurian.
6. Bisnis Semakin Berkembang
Perangkat yang sudah tersistem dengan IoT dapat mengumpulkan berbagai data yang dibutuhkan perusahaan. Dengan demikian, Internet of Things bisa membantu bisnis semakin berkembang karena data tersebut dapat dianalisis untuk membuat keputusan perusahaan.
Selain itu, IoT bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi bisnis, iklan bertarget, kebijakan harga yang disesuaikan, dan aktivitas pemasaran atau manajemen lainnya, dengan cara mengumpulkan sejumlah besar data spesifik pengguna.
7. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Penggunaan perangkat IoT adalah hal yang bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini karena perusahaan dapat terbantu dari data pelanggan yang dikumpulkan oleh sistem IoT.
Dari data pelanggan tersebut, pelanggan pun bisa memahami harapan dan perilaku pelanggan dengan lebih baik. IoT juga bisa meningkatkan layanan pelanggan dengan memfasilitasi tindak lanjut setelah penjualan.
8. Menciptakan Citra Bisnis yang Positif
Dengan demikian, IoT adalah sesuatu yang bisa menciptakan citra bisnis yang positif. Baik di mata pelanggan, investor, dan mitra bisnis lainnya yang mengetahui berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Internet of Things.
Citra bisnis yang baik juga bisa membantu perusahaan untuk menemukan seorang profesional atau staf berpengalaman saat dibutuhkan. Pasalnya, perusahaan terlihat lebih menarik disbanding pesaing karena menyediakan lingkungan kerja yang aman dan dijamin oleh jaringan perangkat pintar.