Kenapa Harus Menggunakan Google Tag Manager?

Apa itu Google Tag Manager?

Google Tag Manager adalah sebuah tool yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan tag pada sebuah website.

Tag adalah script atau kode yang berada di bagian head HTML dan digunakan untuk melakukan tracking terhadap aktivitas pengunjung website.

Dengan menempatkan tag, Anda bisa mengetahui bagaimana pengunjung datang ke website, link apa yang diklik, produk apa yang akhirnya dibeli, dan masih banyak lagi.

Kenapa Harus Menggunakan Google Tag Manager?

Setelah belajar cara menggunakan Google Tag Manager, Anda tentu perlu mengetahui kelebihan dari penggunaan tool ini.

1. Lebih Cepat dalam Mengelola Tag

Anda tak perlu lagi menunggu web developer untuk melakukan perubahan pada tag yang ingin digunakan. Ketika Anda memiliki strategi bisnis yang ingin langsung diterapkan, cukup menambah tag baru atau mengatur tag yang sudah ada.

Penggunaan GTM terbukti mampu meningkatkan kecepatan implementasi tag menjadi 6 kali lebih cepat.

2. Praktis berkat Adanya Container

Awalnya, semakin banyak tag maka semakin banyak kode yang ditambahkan pada bagian head website Anda. Hal ini rentan terhadap kesalahan coding yang akan membuat tracking tidak berjalan dengan baik.

Google Tag Manager menerapkan container untuk menampung semua tag dalam satu tempat. Tidak hanya memudahkan dalam pengelolaan karena lebih praktis tapi juga tidak membebani website.

3. Preview Mode untuk Menghindari Kesalahan

Setiap kali  membuat tag, Anda bisa terlebih dahulu mengaktifkan preview mode. Hal ini untuk mengetahui bahwa pengaturan Anda sudah sesuai dan tidak terjadi error.

Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa memanfaatkan ekstensi Google Chrome bernama Tag Assistant. Jadi, ketika Anda browsing ke website tersebut ekstensi akan menunjukkan jika terjadi kesalahan. Jadi, dapat memberi informasi sebelum tag dipublish.

4. Ketersediaan Template Memudahkan Penggunaan

Kami sudah mencontohkan di atas. Banyak sekali template siap pakai yang bisa membantu Anda membuat tag dengan cepat.

Adanya template ini tentu saja memudahkan Anda yang tidak memiliki kemampuan coding. Apalagi dengan banyaknya integrasi platform yang dimiliki Google Tag Manager, akan semakin mudah bagi Anda menerapkan strategi tracking yang efektif.

5. Tanpa Biaya

Anda bisa menghemat budget untuk pengembangan bisnis yang lain karena Google Tag Manager bisa Anda gunakan dengan gratis.

Ada juga opsi berbayar Google Analytics 360 dengan tools lebih lengkap. Namun, menggunakan versi gratis tool ini sudah cukup untuk kebutuhan Anda.

6. Fleksibel dengan Fitur Version

Google Tag Manager merupakan tool yang tepat untuk melakukan berbagai eksperimen tracking yang tepat. Terutama berkat adanya fitur version.

Setiap perubahan yang Anda lakukan bisa dibedakan berdasarkan versinya. Jadi, apabila versi terbaru ternyata tidak sesuai harapan, cukup kembali ke versi sebelumnya. Dan, begitu seterusnya.

7. Keamanan Terjamin dengan User Permission

Hal ini penting terutama bagi Anda yang bekerja dalam sebuah tim. Google Tag Manager memungkinkan Anda membuat sebuah akun yang dikelola oleh banyak orang.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍