Ini Dia Jenis Usaha Minim Pesaing

Mendirikan usaha seperti ini cenderung memutar otak. Mungkin Anda perlu mengambil ceruk pasar yang lebih tersegmentasi lagi. Bisa juga Anda perlu brainstorming lebih dalam dan melakukan riset pasar.

Namun, Anda juga bisa membacanya di sini agar bisa menjadi inspirasi. Simak sejumlah ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan berikut:

1. Jual Greenhouse Hidroponik

Agrobisnis menjadi usaha yang umum dilakukan di Indonesia. Apalagi dengan banyaknya lahan yang subur.

Namun, tak banyak orang bisa melakukan kegiatan agrobisnis karena terkendala lahan, terutama orang-orang yang tinggal di perkotaan.

Jika memiliki aset tanah yang cukup luas, Anda bisa menjual greenhouse hidroponik. Anda bisa mendirikan sejumlah greenhouse yang dilengkapi peralatan hidroponik.

Masing-masing greenhouse Anda jual kepada para pelaku bisnis yang hendak memulai agrobisnis. Bisnis greenhouse ini sebaiknya Anda padukan dengan kemampuan Anda dalam bercocok tanam.

Anda bisa menawarkan jasa budi daya tanaman pangan dengan sistem bagi hasil. Pelanggan pun hanya perlu menanam modal kepada Anda. Anda mengurus greenhouse mereka dan pelanggan mendapatkan hasil dari investasinya.

2. Jasa Rental Manekin

Ada banyak bertebaran bisnis clothing, butik, dan jualan pakaian di luar sana. Anda tidak perlu bersaing dengan ikut menjual pakaian.

Anda justru bisa menjadikan bisnis-bisnis ini sebagai klien Anda. Caranya, dengan merentalkan berbagai jenis manekin.

Banyak bisnis jualan pakaian yang dimulai secara online. Tidak banyak dari mereka memiliki modal untuk membeli perlengkapan semacam manekin untuk kepentingan displai foto produk.

Anda bisa merentalkan manekin kepada sejumlah bisnis ini atau menjualnya dengan sistem cicilan. Jika jago fotografi, Anda bisa menawarkan paket rental sekaligus jasa foto produk.

3. Jasa Digital Marketing

Tak sedikit yang melakukan bisnis e-commerce. Namun, tak sedikit pula dari mereka yang tak mengerti bagaimana memaksimalkan teknologi informasi.

Anda bisa menawarkan jasa konsultasi digital marketing untuk mereka, bahkan melakukannya untuk bisnis-bisnis ini.

Menurut Simpli Learn, setidaknya ada enam hal dalam digital marketing yang perlu Anda kuasai terlebih dahulu. Keenam hal tersebut, yakni social media marketing, content marketing, search engine optimization, search engine marketing, affiliate marketing, hingga email marketing.

Anda perlu memiliki tim yang menguasai skill melakukan enam hal tersebut. Dengan demikian Anda sudah bisa menjual jasa untuk melakukan digital marketing.

4. Keamanan Siber

Masih terkait dengan dunia e-commerce dan dunia maya secara keseluruhan. Jasa keamanan siber menjadi usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Dunia maya menawarkan peluang yang tidak terbatas. Setiap orang bisa membuat apa pun dan melakukan apa pun di dunia maya.

Ini merupakan keuntungan sekaligus ancaman karena ada saja pihak-pihak tertentu yang ingin melakukan kejahatan. Alhasil, berbagai ancaman muncul, seperti peretasan, malware, virus, dan sebagainya.

Keamanan siber menjadi kebutuhan bagi pemilik database besar, seperti perusahaan, organisasi, hingga pemerintahan. Semua ini bisa jadi calon klien jika Anda memiliki skill khusus untuk melakukan keamanan siber.

5. Aplikasi Pendukung Bisnis dan Organisasi

Pandemi COVID-19 memaksa sejumlah perusahaan untuk menerapkan kebijakan work from home. Anda bisa memanfaatkan kondisi new normal ini dengan menciptakan aplikasi manajemen pekerjaan.

Mulai dari aplikasi manajemen HR, aplikasi absen, hingga aplikasi untuk memantau work flow. Bisnis e-commerce pun membutuhkan sejumlah aplikasi pendukung, seperti untuk pembukuan, stock opname, dan sebagainya.

Jika Anda memiliki ide untuk mendigitalisasi berbagai bentuk manajemen, Anda bisa mengajukan ide kepada pemodal atau perusahaan ventura. Jika berhasil, Anda pun dapat mendirikan startup digital Anda.

6. Glamping

Orang butuh hiburan, tetapi butuh hiburan yang tidak biasa. Anda bisa memulai usaha glamping atau glamorous camping.

Konsep tempat wisata ini tidak berbeda jauh dengan perkemahan. Bedanya, Anda menawarkan kemewahan dalam perkemahan.

Berkemah selalu identik dengan kegiatan survival. Anda hanya membawa hal-hal yang diperlukan dengan segala keterbatasan.

Dengan glamping, Anda menawarkan fasilitas hotel dalam perkemahan. Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih lokasi yang memiliki pemandangan indah sebagai daya tarik.

7. Pet Hotel

Kata siapa yang butuh hotel manusia saja? Hewan peliharaan juga. Pet hotel juga adalah usaha yang jarang tapi dibutuhkan.

Ketika para pemilik hewan peliharaan ingin bepergian ke luar kota atau ke luar negeri, tentu mereka tidak bisa membawa hewan peliharaan mereka dengan leluasa.

Ketimbang meninggalkan hewan peliharaan di rumah dan merasa waswas, lebih baik dititipkan kepada pet hotel. Segala kebutuhan sehari-hari dan fasilitas penunjang disediakan oleh pet hotel.

Jika Anda menyukai hewan peliharaan. Anda pun bisa membuat spesialisasi pet hotel, semisal khusus untuk anjing atau kucing saja.

Itulah sejumlah ide usaha yang jarang tapi dibutuhkan. Semoga dapat menginspirasi!

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !