Pemberian kode referral adalah strategi yang dilakukan oleh affiliate marketer untuk mendapatkan komisi. Semakin banyak referral code yang digunakan, maka akan semakin banyak pula komisi yang didapat. Jika Anda tertarik mendapatkan uang dari internet, maka pemberian referral code melalui affiliate marketing adalah program yang boleh dicoba.
Apa Itu Kode Referral?
Kode referral adalah kode unik yang berisi angka dan/atau huruf untuk mengidentifikasi tiap anggota program affiliate marketing. Kode ini, akan didapatkan oleh affiliate marketer setelah mereka bergabung dengan program tersebut.
Referral code berguna untuk melacak proses perjalanan pada saat kode tersebut diberikan ke affiliate marketer, hingga digunakan oleh customer untuk melakukan pembelian. Kode ini mempermudah penghitungan komisi yang akan Anda dapatkan dari perusahaan penyedia program afiliasi.
Cara Kerja Kode Referral
Berikut ini adalah cara kerja referral code mulai dari kode tersebut ditetapkan hingga menghasilkan komisi:
Penetapan kode referral
Umumnya, ada dua jenis kode referral dalam program afiliasi. Kode statis, berupa kode yang sama untuk setiap anggota, dan kode dinamis untuk masing-masing anggota yang berbeda.
Setiap pelaku usaha akan menggunakan satu jenis kode, atau dua jenis kode sekaligus dalam program afiliasi yang mereka buka dengan aturan yang berbeda-beda. Untuk itu, perhatikan baik-baik setiap ketentuan yang berlaku.
Pembagian kode referral
Setelah mendapatkan referral code milikmu, Anda bisa mengajak orang lain untuk ikut membagikan kode tersebut. Agar orang lain mau membagikan kode milikmu, Anda perlu membuat strategi yang sama-sama menguntungkan.
Pengumpulan kode referral
Ketika orang lain mulai menggunakan kode milikmu, umumnya ada proses pengumpulan kode yang dilakukan untuk mendata apakah kode yang Anda berikan benar-benar digunakan untuk melakukan pembelian atau tidak.
Klaim komisi
Jika referral code yang Anda berikan berhasil mengajak orang lain untuk menggunakan dan membeli produk, maka Anda akan menerima komisi yang sudah diatur dan disepakati bersama.
Setiap penyedia program afiliasi memiliki peraturan yang berbeda, jadi pastikan Anda sudah tahu tentang besaran komisi yang akan Anda dapatkan.
Jenis Komisi Referral
Komisi referral adalah keuntungan yang didapat oleh affiliate marketer setelah kode referral mereka digunakan untuk melakukan pembelian produk maupun transaksi lainnya oleh pelanggan.
Ada beberapa jenis komisi yang bisa Anda dapatkan ketika seseorang menggunakan referral code milikmu:
Komisi Click
Komisi click adalah komisi yang Anda terima ketika pelanggan melakukan klik pada kode referral milikmu. Jenis komisi ini merupakan salah satu komisi yang paling mudah didapatkan.
Komisi Upgrade
Komisi upgrade merupakan komisi yang Anda dapatkan ketika pelanggan memutuskan untuk melakukan upgrade, setelah menggunakan kode referral milikmu.
Jumlah komisi yang didapatkan juga tergantung pada peraturan yang sudah disepakati bersama dengan penyedia program afiliasi.
Komisi Pembelian
Ketika pelanggan melakukan pembelian menggunakan kode referral milikmu, maka Anda akan mendapatkan komisi. Nilai komisi pembelian tiap penyedia program referral beragam, umumnya mulai dari 1% hingga 10%.
Cara Mencari Referral
Ada beberapa cara untuk mendapatkan pelanggan potensial yang akan menggunakan kode referral milikmu. Berikut tips yang bisa Anda coba:
Buat program referral yang menarik
Cara pertama untuk mempromosikan kode referral adalah dengan membuat penawaran yang menarik. Tawaran program yang menarik akan membuat orang bergabung dengan lebih mudah.
Jelaskan keuntungan yang akan didapat
Setelah membuat penawaran yang menarik, Anda bisa mulai menjelaskan seperti apa program yang akan Anda jalankan serta keuntungan apa saja yang akan didapat. Fokuskan penjelasanmu pada keuntungan yang akan didapatkan ketika orang lain menggunakan kode referral milikmu, sehingga mereka akan lebih tertarik.
Buat testimoni
Cara lain mendapatkan orang yang mau menggunakan kode referral adalah dengan membuat testimoni. Anda bisa membuat testimoni dari orang-orang yang sudah menggunakan kode referral milikmu. Hal ini dapat menambah rasa percaya calon pelanggan padamu dan nantinya akan menggunakan kode referral milikmu.
Pilih waktu yang tepat
Menjelaskan keuntungan program referral kepada calon pelanggan membutuhkan waktu yang tepat serta komunikasi yang baik. Hal ini tentunya agar informasi yang Anda sampaikan dapat dipahami dengan benar oleh calon pelanggan.
Manfaatkan sosial media
Terakhir, cara terbaik untuk mempromosikan kode referral adalah dengan menggunakan sosial media. Selain dapat mengajak calon pelanggan melalui di sosial media, Anda juga dapat menyematkan link kode referral di sosial media-mu.
Sehingga, calon pelanggan yang tertarik menggunakan referral-mu akan lebih mudah untuk mengaksesnya. Tapi, pastikan juga jika sosial media Anda selalu aktif.