Apa Itu Email Automation?

Email automation merupakan sebuah cara mengirim email secara otomatis. Sehingga Anda tak perlu lagi melakukan pengiriman satu per satu secara manual. Dengan email automation, dapat menentukan target berdasarkan perilaku, prefernsi, dan data-data tertentu yang relevan.

Email automation merupakan bagian dari marketing automation tools yang dapat membantu kebutuhan digital marketing terutama dalam mengirimkan email marketing secara otomatis sesuai dengan flow yang ditentukan. Untuk membuat email automation flow yang kompleks memang diperlukan pengujian berulang kali untuk memastikan apakah telah sesuai dengan goals Anda atau belum. Diperlukan sebuah strategi untuk menyusun email automation flow yang sesuai dengan tujuan.

Hemat Waktu & Biaya

Pemanfaatan fitur email automation akan memberikan Anda beberapa keuntungan secara langsung dan tidak langsung, diantaranya adalah menghemat waktu yang Anda miliki karena semua dapat dilakukan secara instan dan dalam waktu yang bersamaan.

Kemudian manfaat lain dari email automation adalah tenaga yang Anda keluarkan tentunya akan lebih sedikit dibanding jika anda harus melakukannya secara manual dan total biaya yang relatif lebih hemat karena dinilai lebih optimal dan efektif.

Konversi yang Lebih Besar

Email automation dapat digunakan untuk melakukan follow up email list yang ada di database kontak. Anda bisa memfollow up orang melakukan checkout, namun tidak melakukan pembayaran. Anda pun bisa memberikan notifikasi order, seperti invoice pengiriman, dll. Dengan melakukan follow up, Anda dapat menghasilkan konversi.

Mengelola database Email

Mungkin Anda pernah melakukan broadcast email ke semua list email? Jika ini dilakukan berkali-kali tentu akan membuat open rate email semakin turun dan angka unsubscribe jadi meningkat. Hal ini bisa terjadi karena pada dasarnya email yang dikirim melalui broadcast tidak akan 100% cocok dengan list email Anda. Oleh karena itu, penting untuk memelihara dan mengelola database email Anda dengan memperhatikan dan melakukan segmentasi database email tersebut berdasarkan interest masing-masing database.

Segmentasi database

Segmentasi merupakan mengidentifikasi sesuatu yang berbeda menjadi satu group yang sesuai. Segmentasi kontak database di sini artinya mengelompokkan kontak satu dengan yang lainnya sesuai dengan behavior mereka, gender, umur, demografi, interest, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar memudahkan Anda untuk mengirimkan konten email yang sesuai dengan interest mereka.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !