Tool untuk Optimasi Blog

Ketika membuat sebuah blog pribadi atau profesional, Anda membutuhkan tool-tool penting dalam mengelola setiap postingan. Apalagi kalau Anda berencana menambahkan gambar, atau menyunting konten, atau mempublikasikan postingan terjadwal.

1. Optimasi Gambar

Selain membuat blog jadi lebih menarik, pemakaian gambar juga meningkatkan faktor SEO-friendly.

Berikut rekomendasi kami:

  • Unsplash (Gratis). Situs ini menyediakan jutaan gambar beresolusi tinggi. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan menggunakannya untuk blog pribadi atau komersial.
  • Pixabay (Gratis). Anda bisa memilih berbagai gambar untuk blog.
  • Life of Pix (Gratis). Situs ini juga menyediakan berbagai koleksi gambar menarik untuk blog Anda.

2. Desain dan Tampilan Blog

Tampilan dan desain blog yang atraktif akan memukau pengunjung blog. Apabila Anda tidak memiliki kemampuan desain atau Anda ragu bisa menghasilkan tampilan yang elegan, gunakan tool desain terbaik di bawah ini.

Berikut tool desain blog rekomendasi kami:

  • Canva.
    Versi gratisnya menyertakan 1 GB penyimpanan, ribuan template, foto, dan grafis. Anda juga bisa mengekspor desain dalam format PDF, PNG, dan JPG. Pun Canva memungkinkan kolaborasi antaranggota tim.
  • Visme.
    Gunakan tool ini untuk menambahkan infografis, banner blog, grafis media sosial, bagan, video, dan masih banyak lagi. Dengan paket gratis, Anda bisa membuat hingga 5 desain dengan kapasitas 100 MB. Paket premium tersedia seharga 14 USD hingga 25 USD/bulan yang dibayarkan setiap tahunnya.
  • The Noun Project.
    Salah satu cara membuat blog agar lebih menarik adalah dengan menambahkan ikon. Dengan platform ini, Anda bisa membuat ikon. Ikon yang disediakan dalam versi gratis memiliki tulisan Creative Commons. Ikon versi premium tanpa tulisan Creative Commons tersedia seharga 2,99 USD.
  • Pixlr.
    Tool ini bisa Anda guakan untuk menghapus background dan elemen lainnya yang tidak Anda inginkan. Paket Premium tersedia seharga 3,99 USD/bulan. Dengan paket ini, Anda akan memperoleh beragam fitur canggih dan tanpa iklan.

3. Komunitas Online untuk Belajar Blog

Sangat penting bagi seorang blogger untuk membangun komunikasi dengan pembaca dan followernya. Ciptakan komunitas online di blog dan buka diskusi dengan para pengunjung.

  1. Grup Facebook
    Jumlah pengguna Facebook diprediksi akan meningkat hingga 1.69 miliar. Dengan diaktifkannya Facebook Group, besar kemungkinan postingan Anda akan muncul di feed pengguna lain.
  2. LinkedIn
    Cara membuat blog agar memiliki banyak pengunjung adalah dengan memperkenalkannya melalui komunitas atau grup di LinkedIn. Meskipun tidak sebesar Facebook, LinkedIn memiliki 690 juta pengguna.
  3. Reddit
    Jumlah kunjungan bulanan di Reddit mencapai satu miliar lebih. Dengan angka yang cukup fantastis ini, postingan blog Anda bisa mendatangkan trafik yang tinggi.

4. Tool Promosi Blog

Salah satu cara membuat blog agar lebih dikenal orang adalah dengan mempromosikannya melalui platform media sosial. Jika Anda punya banyak akun media sosial, tool berikut ini akan membantu Anda untuk mempermudah publikasi blog post.

  • Hootsuite
    Anda bisa mengatur jadwal dan mempublikasikan postingan di media sosial sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Versi gratis Hootsuite memungkinkan Anda mengelola 3 (tiga) akun media sosial, mengatur jadwal hingga 30 postingan, dan mengintegrasikannya dengan aplikasi dasar. Versi premium tersedia seharga 19 USD/bulan. Dengan versi premium, jumlah postingan yang boleh dipublikasikan tidak terbatas, dan Anda bisa menampilkan metriks performa sebagai insight di blog.
  • Buffer
    Alternatif untuk cara buat blog pribadi maupun profesional Anda menjadi lebih hidup adalah dengan Buffer. Atur jadwal di masing-masing akun media sosial, dan cek linimasa melalui kalender. Paket dasarnya tersedia seharga 12 USD/bulan dan dibayarkan per tahun. Nantinya Anda bisa mengelola delapan akun media sosial dan mengatur jadwal publikasi hingga 100 postingan.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍