Pengetahuan mengenai apa itu kompetitor itu tidak cukup dalam mengatasi persaingan dengan kompetitor di pasar. Meski Anda bisa banyak belajar dari pesaing, Anda harus selalu waspada strategi bisnis Anda tidak dicuri oleh pesaing.
Berikut sejumlah tips dan cara mengatasi persaingan dengan rival di pasaran.
1. Kenali Kompetitor
Pelajari kompetitor dengan baik, mulai dari apa yang mereka tawarkan, apa kekuatan dan kelemahan, hingga siapa pelanggan mereka. Dengan demikian Anda bisa memosisikan produk Anda sendiri di pasaran dan menciptakan peluang dari kelemahan pesaing.
2. Kenali Pelanggan Anda
Jangan cepat puas dengan jumlah pembelian yang tinggi dari pelanggan, karena sewaktu-waktu mereka bisa beralih ke pesaing. Cari tahu terus apa yang mereka butuhkan, sehingga Anda dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan menciptakan loyalitas tinggi.
3. Membuat Perbedaan
Meski bergerak di lini bisnis yang sama, Anda harus menciptakan karakteristik unik pada produk atau layanan Anda. Hal ini untuk membuat kesan bahwa apa yang Anda tawarkan berbeda dengan kompetitor.
4. Tingkatkan Pemasaran
Ketika pesaing mulai banyak bermunculan, mau tak mau Anda pun harus meningkatkan pemasaran. Lakukan campaign produk secara berkala untuk mencitrakan perusahaan sebagai yang terdepan di bidangnya.
5. Menargetkan Segmen Baru
Seperti yang disebut sebelumnya, pelajari segmentasi kompetitor Anda, dan temukan ceruk pasar yang belum tersentuh. Dari situ, targetkan ceruk pasar tersebut sebagai segmentasi pasar baru bagi perusahaan.
6. Buatlah Rencana untuk Masa Depan
Buatlah rencana jangka panjang untuk perusahaan, karena bisnis yang merencanakan pertumbuhan akan lebih sukses daripada bisnis yang stagnan.