Teknik Closing Dalam Bisnis Yang Menghasilkan

Salah satu elemen penting pada bisnis online adalah Teknik closing. Karena teknik inilah yang nantinya akan menentukan apakah produk bisnis Anda bisa terjual atau tidak. Teknik closing merupakan  trik chatting dengan calon konsumen agar dapat menggiring mereka untuk melakukan pembelian. Closing bisa dikatakan berhasil ketika pembeli melakukan pembelian pada produk bisnis Anda.

Step By Step

Sebelum membahas cara closing, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana flow atau tahapan dalam jualan. Ingat, jualan itu merupakan sebuah proses. Saat pertama kali bertemu calon pembeli, Anda tidak mungkin langsung bisa closing.

Tahapan pertama, Anda harus membangun kedekatan dengan pembeli. Kemudian gali kebutuhan, keinginan, atau masalah yang sedang mereka hadapi. Baru setelah itu tawarkan produk Anda sebagai solusi. Dan ketika ketiga tahapan tersebut telah Anda lewati, kemungkinan untuk closing semakin terbuka lebar.

Untuk mempermudah dan memperbesar peluang closing, pastikan Anda menerapkan beberapa teknik dibawah ini:

1. Teknik Kelangkaan

Semakin langka suatu produk, semakin banyak permintaan. Disadari atau tidak, hampir setiap pembeli suka ekslusivitas yaitu produk yang dibuat terbatas, langka, dan tidak pasaran.

Apa saja yang bisa Anda buat langka?

  • Jumlah produksinya/stoknya
  • Jumlah pembelinya
  • Akses membelinya
  • Dalam teknik kelangkaan ini, Anda tidak boleh bohong. Jika memang tidak terbatas, ya jangan katakan terbatas. Gunakan sesuai porsinya.

2. Sekarang atau Tidak Sama Sekali

Salah satu penyakit calon pembeli yang paling sering muncul adalah senang menunda-nunda. Oleh karena itu, teknik ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengunci calon pembeli melakukan action hingga akhirnya membeli atau melakukan proses transfer pada hari itu juga. Caranya?

Berikanlah penawaran yang dapat memukau calon pembeli untuk bertindak cepat. Anda bisa menggunakan berbagai tipe penawaran, diantaranya:

  • Diskon
  • Hadiah
  • Bonus spesial
  • Gratis ongkir alias ongkos kirim, dsb

3. Harga Coret

Teknik ini memang dikenal sangat powerfull. Calon pembeli cenderung akan langsung tertarik, bahkan tak menutup kemungkinan langsung closing saat itu juga karena bandrol harga yang lebih murah dari biasanya. Dengan teknik ini, orang akan menghitung sendiri erapa uang yang akan mereka hemat ketika dia memutuskan untuk membeli sekarang.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !