Manfaat SOP Agar Bisnis Berjalan Auto Pilot

Rata-rata bisnis yang berhasil sudah memiliki sistem yang tertata dengan baik. Oleh karena itu, pemilik usaha tidak harus selalu hadir mengawasi karena sudah ada sistem yang membuat bisnis berjalan teratur.

Setiap bisnis apapun pasti memiliki SOP, terlebih jika sudah memiliki banyak karyawan. Baik itu  bisnis online rumahan atau skala pabrik, SOP tetap sama-sama dibutuhkan. Salah satunya manfaatnya agar bisnis bisa berjalan secara auto-pilot dan juga semakin menghasilkan.

Jika ada bisnis yang makin besar tetapi tidak memberikan keuntungan. Penyebabnya karena tidak mempunyai sistem yang jelas dalam bisnis tersebut, salah satunya karena tidak ada SOP.

Apa itu SOP?

SOP merupakan kepanjangan dari Standar Operational Procedure ialah prosedur atau instruksi tertulis yang dilakukan secara teratur untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Dengan adanya SOP pada bisnis bisa membuat bisnis tersebut cepat berkembang. Jadi meski Anda masih mengejar keuntungan, tidak ada salahnya membangun sistem bisnis secara perlahan-lahan.

Bisnis Rentan Gagal Karena Tidak Ada SOP

Mengapa bisnis tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan? Umumnya ada 3 alasannya.

Pembagian Tugas yang Tidak Jelas

Ketika tidak ada aturan dan pembagian tugas, Anda akan kesulitan meminta laporan pada siapa. Jangan salahkan pegawai jika tidak disiplin atau tidak sesuai dengan harapan Anda. Jangankan bekerja sesuai harapan, pekerjaannya pun tidak jelas.

Pegawai yang bertanggung jawab pada tugas tertentu pun tidak ada. Akhirnya yang ada malah saling tunjuk antar karyawan jika ada yang salah.

Tidak Ada Panduan Kerja

Cara melakukan suatu pekerjaan dengan benar pun pegawai tidak paham karena memang tidak disediakan panduan kerjanya. Ketika tidak ada panduan dalam melakukan pekerjaan, pegawai melakukannya hanya asal selesai saja.

Dengan adanya panduan kerja, pegawai akan belajar dan mengetahui standar dari pekerjaan mereka. Pegawai pun bisa paham apakah pekerjaan mereka sudah benar atau tidak dalam mengerjakan tugasnya.

Tidak Ada Alat Kontrol yang Jelas

Jika tidak ada SOP Anda tidak akan tahu apakah si A memiliki kinerja yang baik atau tidak. SOP juga menjadi tolak ukur apakah pegawai Anda sudah menjalankan perkejaannya dengan benar atau tidak. Di sisi lain, SOP juga menjadi alat untuk mengontrol, ketika ada perkerjaan yang salah atau tidak maksimal bisa jadi ada salah satu prosedur yang tidak dijalankan.

Manfaat SOP untuk Bisnis Anda

Ada ada enam manfaat yang bisa Anda dapat jika Anda membuat SOP untuk bisnis Anda.

  • Pemilik dan pegawai sama-sama mengetahui apa yang diharapkan.
  • Mengurangi adanya celah penyelahgunaan oleh pekerja.
  • Mengurangi adanya kesalahan kerja.
  • Menghilangkan rasa cemburu antar pegawai karena tiap posisi sudah ada SOP masing-masing sehingga beban pekerjaan sama beratnya.
  • Setiap pegawai paham dan mengetahui pekerjaannya serta cara mengerjakannya.
  • Memudahkan training untuk pegawai baru dalam mengerjakan tugas.

Jika Anda tidak mau terus-terusan mengawasi pekerjaan para pegawai Anda dan ingin tenang ketika meninggalkan bisnis, maka buatlah SOP untuk tiap divisi. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan tugas-tugas yang jauh lebih penting yang tujuannya semakin memajukan bisnis Anda.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !