Bagaimana Design Tampilan Email Bisnis yang Oke

Tampilan adalah cerminan bisnis kita.
Dan urusan design itu urusan selera.

Tapi hal yang perlu diingat.
Email itu ditujukan atau disajikan untuk orang lain ( si penerima )
bukan untuk kita.

Jadi kalo kata anda bagus dengan idealisme selera anda.
Sedangkan yang menerima dominan menyatakan itu norak
Fix, Norak !!!

Ada pengaruh teknis dan non teknis dalam design email lho

Kebanyakan Image Bikin Masuk Promotion Tab

Email yang berisi lebih dominan gambar, bakal rajin masuk promotion tab. 😀
Dibeberapa layanan pengecekan kualitas email
seperti mail-tester juga menyarankan untuk lebih banyak text daripada image pada konten.

Umumnya konten newsletter, daily email, dll.

Tapi bukan berarti ga boleh ya, hanya saran.
Ada banyak bisnis yang menggunakan gambar lebih banyak agar lebih menarik.
Cek aja konten dari tokopedia,bukalapak, dan lainnya di email anda.

Karena masuk promotion itu tidak masalah bagi mereka, ya karena emang kontennya promosi kok. 😀

Lebih banyak gambar juga cocok pada email transaksi
seperti : email invoice, confirmation pada double optin, atau thanks email.

Karena ya jumlah content textnya terbatas yang akan dibuat
email transaksi umumnya dibuka oleh penerima, sehingga kesan visual yang baik itu penting.

Tips Pewarnaan

Untuk design email, sebaiknya mempelajari tentang html dan css.
Karena warna-warna pada diganti dengan perintah text pada css
tanpa harus kita masukin gambar.
Misal : memberikan warna abu-abu pada background
cukup dengan css body {background-color: coral;}

Jadi ga perlu upload gambar warna abu-abu, trus dijadiin background.
Karena css akan dibaca text, bukan image. 😀

Template Email Marketing dan Daily

Berbeda dengan email transaksi.
Kebutuhan design untuk email marketing biasanya lebih flat dan simple

Design umum itu hanya untuk
Header > Bagian atas Email yang biasa diisi dengan logo, atau tampilan awal, bahkan bisa kosong
Footer > Bagian bawah email yang biasa diisi dengan identitas dan unsub link

Sementara bagian body, cenderung clean, karena berfokus pada text, atau isi yang dibaca.

Tips Email Marketing

Tips nya cenderung kearah jadilah biasa aja, cukup eye catching.
Karena rata-rata email daily, newsletter dan marketing.

Diharapkan agar dibaca, jadi jangan bikin mata pembaca kaget atau lelah buat membaca.

Fokus pada
Jenis font : pilih font yang tegas dan gampang dibaca
jangan pake font yang script yang buat baca orang harus kerutin kening
auto kena close itu email

Ukuran Font : rata-rata untuk sebuah email itu di 14px atau 16px, pilih nyamannya mata.
jangan kecil bener bikin orang sipitin mata, atau gede bener, bikin orang terbelalak.

Responsive Email Design : artinya itu design bisa nyesuaikan format ukurannya sendiri
walaupun dibuka di desktop atau via mobile.
Rata-rata design email template zaman sekarang udah responsive, kalo belum, brarti jadul.

Image dalam Content : nah, rata-rata ada yang sisip gambar dalam content ( body email )
Sah-sah saja, namun tipsnya, jangan gunakan ukuran pixel, tapi gunakanlah % pada width
Tak contohin langsung

Pada contoh diatas saya mengatur width gambar pada 100%,
sedangkan height dikosongkan, aspek ratio juga kena force.

Artinya : gambar akan menyesuaikan lebar dari ukuran design responsivenya, full, dan berubah sesuai layar. sedangkan tinggi gambar ngikut juga berdasarkan ratio awalnya.

Sedangkan apabila pada body anda menggunakan ukuran px,
artinya ga menyesuaikan otomatis,
terdapat resiko perubahan ukuran layar pada si penerima email,
mengganggu ukuran font, jadi kecil. 😀

Tips selebihnya mungkin dibahas di next artikel tentang penulisan.
Karena fokus ada pada content, yang diharapkan dibaca sampai habis.

Email Template Builder

Untuk mailketing tidak memiliki template builder,
karena kita menggunakan classic editor.

Umumnya ada pada layanan yang berfokus pada email marketing
Layanan yang berfokus pada email relay, biasanya nggak
seperti Mailketing, aws ses, sendgrid dan lainnya.

Namun, saya kasih tutorial untuk buat email template sendiri ya,
Pake layanan yang ada gratisan trialnya.

> Cara Design Email Template yang Cakep

Email Signature

Ini satu yang harus di design lagi untuk keperluan bisnis.

Email signature yang biasanya sebagai footer pada email personal.
Menyatakan identitas, seperti kartu nama digital gitu. 😀

Digunakan ketika anda compose email / membuat email untuk 1 atau beberapa orang.
Ataupun untuk reply email orang lain yang masuk kepada anda.

Apabila menggunakan gmail dan beberapa layanan webmail lain.
Ada kok pengaturannya email signature ini.

Dan pada email ini ga perlu pakai unsubscribe link, karena bukan email masal.

Kalo anda seperti saya,
Males mikirin urusan design, biasanya ya beli template saja, tinggal edit2 dan colok.

Nih, saya rekomendasi tempat beli murah meriahnya >> Emailkit – Template Email Bisnis Profesional

Atau kalo lebih males lagi, bisa hire aja orang yang bisa. 😀

Karena email template itu ga butuh banyak, kita cuma pake beberapa.
Gonta-gantinya juga jarang, tergantung mood atau pengen refreshing aja.

Share:

Facebook
Twitter
WhatsApp
fadlidzilikram

fadlidzilikram

Leave a Comment

Ilmu Bermanfaat

Lainnya

Apa Perbedaan Entrepreneur dan Intrapreneur?

Apa Itu Intrapreneur? Intrapreneur adalah pelaku utama dari kegiatan intrapreneurship, yaitu karyawan perusahaan dengan jiwa wirausaha. Seorang intrapreneur memiliki potensi untuk mengembangkan perusahaan seolah itu adalah

Mailketing by Regrow

PT. Digital Bertuah Nusantara
Jl. Mangga No. 94B
Pekanbaru - Riau
Indonesia

© 2022 mailketing.co.id All rights reserved. ‍

Dapatkan Materi Email Marketing Gratis !